Press "Enter" to skip to content

KRI Nomor Lambung 971 Embarkasi Batalion 305 Siap Kembali Ke Markas

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kapal perang Republik Indonesia (KRI) bernomor lambung 971 melaksanakan embarkasi pasukan Batalyon Infanteri Raider 305/Tengkorak untuk kembali ke Bumi Karawang setelah selesai melaksanakan tugas operasi sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) di wilayah Papua, Baru-baru ini.

Sebanyak 450 personel Yonif Para Raider Lintas Udara 305/Tengkorak yang dipimpin langsung oleh Mayor Inf Fajar Akhirudin bersiap dengan pasukannya di Dermaga Cargo dock PT. Freeport Indonesia, Timika.
Seperti diketahui, Prajurit Yonif Para Raider Linud 305 Kostrad ini mendapat kepercayaan dari TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan tugas operasi selama 10 bulan di wilayah sektor utara Provinsi Papua.
KRI Tanjung Kambani 971 dengan komandan Letkol Laut (P) Masrurun siap berlayar dari Perairan Timika menuju Jakarta untuk mendukung pergeseran pasukan batalion tengkorak yang selesai melaksanakan Satgas Pamtas Papua sektor utara.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Hanla) mengatakan pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer.

Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah perbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran pasukan, material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

“Unsur-unsur Kolinlamil selalu siap untuk melaksanakan perintah pimpinan TNI mendukung pergeseran pasukan-pasukan yang bertugas mengamankan perbatasan, daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar” jelas orang nomor satu Kolinlamil ini.

Komandan KRI Tanjung Kambani 971 pun menandaskan proses embarkasi yang sedang berjalan tetap mengutamakan protokol kesehatan yang diinstruksikan pemerintah.

Seluruh personel dan material yang akan naik ke kapalnya harus melalui proses pengecekan suhu badan, penyemprotan disinfektan dan menjaga jarak antar personel.
KRI Tanjung Kambani 971 yang merupakan kapal perang jenis Bantu Angkut Personel sehari-harinya berada dibawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer Jakarta ini termasuk unsur Kolinlamil yang aktif dalam mendukung operasi angkutan laut militer, selama kurun waktu tahun 2020 ini intens melaksanakan operasi Satgas pengamanan perbatasan dan pengamanan daerah rawan TNI AD ke wilayah timur Indonesia. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan