Press "Enter" to skip to content

Salut! MNC MXGP Samota Indonesia 2023 Sukses Digelar

Social Media Share

JAKARTA, NP- Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Motocross MNC MXGP Samota Indonesia 2023.

Diselenggarakan di Sirkuit Internasional Samota, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu-Minggu (24-25/6/2023). Ini merupakan kali kedua Samota menjadi tuan rumah MXGP, setelah sebelumnya juga sukses menyelenggarakan MXGP di Sirkuit Internasional Samota pada 25-26 Juni 2022.

Dengan kembali menjadi tuan rumah, telah memberikan kesempatan kepada pembalap Indonesia, Hilman Maksum, untuk mendapatkan wildcard sehingga bisa ikut serta berlaga melawan para pembalap dunia di kelas utama MNC MXGP Samota Indonesia 2023. Ia berhasil finish di urutan ke-17.

“Pengalaman ini pasti memberikan efek yang luar biasa bagi para pembalap lainnya untuk semakin giat berlatih. Sehingga tahun depan bisa kembali bersaing memberikan yang terbaik,” ujar Bamsoet usai menyaksikan MNC MXGP Samota Indonesia 2023 melalui live streaming dari Jakarta, Minggu (25/6/2023).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, MNC MXGP Samota Indonesia 2023 diikuti 46 pembalap. Terdiri dari 23 pembalap yang beraksi di kelas utama dan 23 pembalap di kelas MX2.

Disaksikan hampir 60 ribu penonton. Pembalap Kawasaki Racing Team MXGP, Romain Febvre asal Perancis berhasil menjadi juara pada Race 2 MNC MXGP Samota Indonesia 2023, setelah berhasil menyelesaikan balapan 17 lap dalam waktu 35 menit 57,623 detik.

Setelah sukses menyelenggarakan MNC MXGP Samota Indonesia 2023 sebagai seri ke-10 Motocross Grand Prix 2023, NTB masih akan menjadi tuan rumah dengan menyelenggarakan MNC MXGP Lombok Indonesia 2023 seri ke-11 Motocross Grand Prix 2023 di Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok pada 1-2 Juli 2023.

Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa serta Kota Mataram, telah menyediakan fasilitas tempat jualan/lapak gratis kepada para pelaku UMKM. Terdiri dari 250 UMKM di arena balap MXGP Samota, dan 200 UMKM di arena balap MXGP Lombok.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, NTB telah mengukir sejarah dalam perkembangan balap motor Indonesia, bahkan dunia.

NTB memiliki tiga sirkuit internasional yang dapat menyelenggarakan tiga event balap motor dunia. Yakni World Superbike dan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, serta MXGP di Sirkuit Internasional Samota, Sumbawa dan Sirkuit Internasional Selaparang, di Kota Mataram.

“Selain dapat memajukan olahraga balap motor dan motocross di Indonesia, juga dapat menjadi destinasi sport automotive tourism yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah NTB serta pendapatan masyarakat setempat,” tegas Bamsoet. (dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *