Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Kemampuan Berolahraga Gerak Dalam Air, Prajurit Satlinlamil 3 Latihan Selam

Social Media Share

MAKASSAR, NP – Satuan Lintas Laut Militer 3 sebagai satuan pelaksanan Komando Lintas Laut Militer melaksanakan latihan selam bagi prajuritnya sesuai dengan program latihan Triwulan II tahun 2022 yang berlangsung di Mako Satlinlamil 3, Makassar, Senin (6/6). Latihan yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu teori dan praktek lapangan dipandu oleh dua Perwira Satlinlamil 3 yaitu Kapten Laut (S) Jawawi sebagai instruktur selam yang menyampaikan pengetahuan akademis tentang penyelaman serta pengenalan peralatan selam ‘SCUBA’ dan Letda Laut (K/W) dr. Shinta yang menyampaikan materi aspek medis pada penyelaman.

Komandan Satuan Lintas Laut Militer 3 Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentius selaku Perwira Penyelenggara Latihan menyampaikan bahwa kegiatan latihan selam bertujuan untuk meningkatkan kemampuan selam bagi prajuritnya dimana selam merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dimiliki prajurit TNI AL. Dalam penugasan, kemampuan selam prajurit dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan bawah air diantara pengecekan bangunan bawah air kapal terhadap kebocoran, perbaikan material bawah air seperti propeller atau baling-baling kapal dan lain sebagainya.

“Latihan selam yang diajarkan kali ini sifatnya masih dalam tahap selam dasar. Dari selam dasar ini nantinya dapat ditingkatkan kemampuannya sampai dengan prajurit mempunyai kemampuan untuk mengatasi permasalahan bawah air terhadap kapalnya.” jelas Dansatlinlamil 3.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan pesannya kepada penyelenggara latihan selam untuk tetap mengedepankan keselamatan personel dan materiil mengingat latihan selam juga memiliki resiko yang tidak bisa diabaikan. Penggunaan alat selam yang tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku dapat berakibat fatal. “Ingat resiko yang bisa timbul bila peserta mengabaikan instruksi dari pelatih selam. Pahami ilmu atau teorinya dan laksanakan latihan praktek sesuai prosedur yang disampaikan pelatih. Harus zero accident.” tegas Panglima Kolinlamil.

Sesuai perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, laksanakan latihan secara berjenjang dan berkesinambungan untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan