Press "Enter" to skip to content

BPSDM Kemendagri Gelar Workshop Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024

Social Media Share

JAKARTA, NP – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Workshop Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (27/9/2023). Workshop ini diikuti oleh 114 peserta terdiri dari Sekretaris Daerah Provinsi, Sekretaris DPRD Provinsi, Kepala BPSDM Provinsi, dan pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menegaskan, pemerintah daerah (Pemda) perlu mempersiapkan secara menyeluruh pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Pemda diminta segera mempersiapkan anggaran untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Selain itu, Sugeng juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan situasi yang kondusif agar Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan aman dan damai. “Pemda diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk selalu mendapatkan informasi pemilu dari sumber yang kredibel,” ujarnya, dalam rilis, Selasa(3/10/2023).

Salah satu topik penting yang dibahas dalam workshop yaitu “Pelaksanaan Orientasi bagi Anggota DPRD Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024”. Orientasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi, dan wewenang anggota DPRD mengingat latar belakang mereka yang beragam. BPSDM Kemendagri akan menjadi pelaksana orientasi bagi anggota DPRD Provinsi, sedangkan BPSDM Provinsi menjadi pelaksana bagi DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam rangka persiapan tersebut, BPSDM Kemendagri juga akan menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Orientasi DPRD. ToT ini dibutuhkan untuk memastikan keseragaman materi dan persepsi narasumber di daerah.

Sebagai informasi, narasumber dalam workshop ini berasal dari berbagai institusi terkemuka seperti Komisi II DPR RI, Bawaslu RI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda), dan BPSDM Kemendagri. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman terkini terkait dengan berbagai regulasi Pemilu dan Pilkada 2024, serta arah kebijakan persiapan pelaksanaan orientasi DPRD tahun 2024.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *