Press "Enter" to skip to content

Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/ 2020 M di Seskoal

Social Media Share

JAKARTA, NP – Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/ 2020 M di Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dilaksanakan di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (03/09).

Sebelum acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M, didahului dengan pembacaan Surat AL-Hasyr ayat 18-21 oleh Ustadz Ardiansyah, S.Ag dan Saritilawah oleh Serda Keu/W Apriyani.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., pada kesempatan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa hijrah merupakan suatu momentum penting dalam proses perjalanan perkembangan agama Islam yang dikaitkan dengan perpindahan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan para pengikutnya dari kota Makkah ke Madinah. Peristiwa tersebut kemudian dijadikan sebagai titik awal penanggalan bagi kaum muslimin.

Hijrah secara bahasa dapat diartikan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, sedangkan bila ditinjau dari segi makna hakiki, Hijrah adalah meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Taala dan menuju ke tempat yang lebih baik untuk kejayaan masa depan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya Danseskoal mengatakan bahwa Peringatan Tahun Baru Islam kali ini, memiliki makna penting bagi kita selaku warga Seskoal sebagai momen untuk koreksi diri dan persiapan melaksanakan tugas-tugas kita ke depan untuk mewujudkan Seskoal yang lebih baik sebagai Center Of Excellence On Naval and Maritime Science.

Lebih lanjut Danseskoal juga menyampaikan, setiap personel Seskoal baik Militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut memiliki semangat hijrah untuk terus membangun etos kerja keras, professional dan semangat rela berkorban. Semangat hijrah kita wujudkan dalam bentuk melaksanakan perbuatan dan perilaku positif, baik dalam kehidupan kedinasan, rumah tangga, maupun lingkungan masyarakat dan sungguh-sungguh untuk dapat meninggalkan perbuatan yang tidak terpuji. Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan Tahun Baru Islam tahun ini yaitu “Dengan Hikmah Tahun Baru Islam 1422 H/2020 M Kita Tingkatkan Sinergitas TNI Bersama Seluruh Komponen Bangsa Menuju Tatanan Kehidupan Baru.”

“Saya atas nama pribadi dan lembaga Seskoall mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1442 H/ 2020 M , disertai harapan semoga hikmah peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan para pengikutnya dapat kita teladani bersama,”ujar Danseskoal diakhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian ceramah Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/ 2020 M yang disampaikan oleh Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid, S.Ag., M.A., M.M., M.Tr (Hanla).

Dalam ceramahnya Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid, S.Ag., M.A., M.M., M.Tr (Hanla), menyampaikan melalui hikmah Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 dapat dijadikan momentum perubahan bagi kita sebagai umat muslim dimana tahun ini harus bisa lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya. Terdapat 4 (empat) bekal kiat sukses membangun sinergi menuju tatanan hidup lebih baik antara lain Jangan pernah berhenti menuntut ilmu, selalu menjaga lisan/ ucapan yang keluar dari mulut, senantiasa memberi/bersedekah terhadap para fakir miskin dan selalu menegakkan sholat lima waktu.

Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kakoordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Bambang Pramushinto, M.A., Dipl.War College., para Pejabat Utama Seskoal, Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny. Dewi Iwan Isnurwanto beserta pengurus CBS Jalasenastri Seskoal, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Seskoal.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan