Press "Enter" to skip to content

DKM MJAT Kompleks Depkes Cilandak Periode 2022-2025 Resmi Dikukuhkan

Last updated on 13/11/2022

Social Media Share

JAKARTA, NP- Kepengurusan Dewan Kemakmuran Masjid Jami Attaqwa (DKM MJAT) Kompleks Departemen Kesehatan periode 2022-2025, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan resmi dikukuhkan.

Puluhan jemaah yang hadir, mengikuti kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Ketua DKM MJAT Kompleks Departemen Kesehatan periode 2022-2025 terpilih, H. Dadang Suratman SH. menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Ketua DKM MJAT sebelumnya, Andrea Diliarto.

“Semoga Allah memberikan kemudahan dan mencatat niat dan usaha kita ini sebagai ibadah jariah dan orang tua kita mendapatkan rahmatNya. Aamiin,” ucap Ketua DKM MJAT Kompleks Depkes Cilandak periode 2022-2025 H. Dadang Suratman SH. dalam sambutan sertijab sekaligus pengukuhan Pengurus DKM MJAT Kompleks Depkes Cilandak di Masjid Jami Attaqwa Kompleks Depkes Cilandak, Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

Serahterima jabatan (sertijab) sekaligus pengukuhan Dewan Kemakmuran Masjid Jami Attaqwa (DKM MJAT) Kompleks Departemen Kesehatan periode 2022-2025 di Masjid Jami Attaqwa Kompleks Depkes Cilandak, Jakarta, Sabtu (12/11/2022). (Foto: DKM MJAT)

Menurut H. Dadang, masjid bukan hanya berperan sebagai tempat ibadah bersifat mahdhah tapi juga berperan penting dalam menjaga ukhuwah umat Islam. Karena kehadiran seorang muslim ke masjid akan membuka pintu silaturahim.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya seorang muslim untuk aktif dan berupaya mengikat dirinya untuk selalu ke masjid. “Aktif untuk hal-hal yang bersifat mahdhah maupun ibadah yang bersifat muamalah,” ujarnya.

Sejumlah program dan rencana kerja telah disiapkan jajaran pengurus DKM MJAT periode 2022-2025. H. Dadang berharap program dan rencana kerja yang telah disusun mudah-mudahan mendapat ridho Allah Subhanahu wa ta’ala, karena penyusunannya merujuk pada Al Qur’am, Asunnah, Ijtima ulama dan Qias.

Selain itu, kepengurusannya juga berkomitmen menjadikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah disepakati Badan Pengelola Masjid Jami Attaqwa (AD/ART BP MJAT) sebagai petunjuk teknis pelaksanaan program kerja.

Lebih jauh, H. Dadang juga menegaskan akan meneruskan program kerja yang dinilai masih relevan dan bagus dari tongkat kepemimpinan Andrea Diliharto selaku Ketua DKM MJAT sebelumnya. Di sisi lain, DKM MJAT di bawah kepemimpinannya akan melakukan perbaikan dan membuat program baru untuk memajukan masjid dan jemaah masjid.


Do’a menjadi rangkaian pembuka dan penutup acara serahterima jabatan (sertijab) sekaligus pengukuhan Dewan Kemakmuran Masjid Jami Attaqwa (DKM MJAT) periode 2022-2025 Kompleks Departemen Kesehatan di Masjid Jami Attaqwa Kompleks Depkes Cilandak, Jakarta, Sabtu (12/11/2022). (Foto: DKM MJAT)

Di kesempatan sama, sesepuh jemaah masjid, Zubir Abbas mengingatkan pentingnya DKM MJAT saat ini memberikan ruang gerak lebih kepada Remaja Masjid.

“Karena kalangan remaja ini yang kelak akan menjadi penerus. Selama ini, kita kurang memberi perhatian kepada remaja masjid untuk tampil mengambil peran membangun dan memajukan masjid,” ujarnya.

Ke depan, ia berharap proses pengelolaan masjid semakin lebih baik lagi. “Seumur-umur, saya baru menyaksikan ada sertijab pengurus di Masjid Attaqwa seperti sekarang,” kelakar Zubir.

Hal penting yang ditekankan Zubir yaitu pentingnya bermusyawarah dalam mengambil keputusan atau kebijakan. Sebab katanya, dengan jalan musyawarah maka akan menyelamatkan pengurus.

Zubir menegaskan kebijakan yang diambil tanpa musyawarah dan tanpa melibatkan masyarakat di lingkungan masjid maka akan membuat adanya jarak atau gap antara pengurus dengan jemaah masjid.

“Jadi ketua bukanlah diktator. Perlu bermusyawarah, jangan semaunya.
Jangan membuat jemaah yang ada di lingkungan masjid menjadi apatis. Karena tugas pengurus harus aktif menarik semua warga untuk mendekati masjid,” tegasnya.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan