Press "Enter" to skip to content

Perkuat Diplomasi Hidrografi, Danpushidrosal Hadiri Pertemuan ke-8 Dewan IHO di Monako

Social Media Share

JAKARTA, NP – Guna memperkuat diplomasi hidrografi di kancah internasional, Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Budi Purwanto, S.T., M.M. menghadiri Pertemuan ke-8 Dewan International Hydrographic Organization (IHO) yang berlangsung di Monte Carlo, Monako, 15-17 Oktober 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Danpushidrosal didampingi oleh oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dwi Jantarto, S.T., M.T., Kadispeta Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Sutrianto dan Paban Kerja Sama Spamkersamtas Pushidrosal Letkol Laut (P) Indragiri Yani.

Kehadiran Pushidrosal sebagai wakil Indonesia tersebut, merupakan salah satu implementasi peran Pushidrosal dalam menjalankan mandat diplomasi hidrografi sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, dan sebagai upaya untuk memperkuat pengaruh Indonesia serta mengawal kepentingan nasional di tingkat internasional.

Organisasi Hidrografi Internasional atau International Hydrographic Organization (IHO) didirikan pada tahun 1921 dan awalnya bernama International Hydrographic bureau (IHB) dengan kantor pusat di Monako. Sebagai badan internasional yang bertanggung jawab terhadap standar hidrografi dan keselamatan pelayaran, IHO mengadakan pertemuan rutin dengan negara anggota melalui sidang majelis (Assembly) dan dewan IHO (Council). Pertemuan Dewan IHO pertama kali dilaksanakan di Monako pada tahun 2017.

Dewan IHO melaksanakan pertemuan satu kali dalam setahun dalam rangka menyerahkan rancangan keputusan untuk disetujui Majelis IHO. Dewan IHO terdiri dari 30 perwakilan Negara Anggota IHO. Dua pertiga kursi Dewan IHO diisi oleh Negara-negara Anggota yang dipilih oleh Regional Hydrographic Commission (RHC) dan sepertiga kursi Dewan lainnya diisi oleh negara-negara Anggota yang memiliki minat terbesar dalam hidrografi (Hydrographic Interest). Indonesia yang diwakili oleh Pushidrosal telah menjadi Anggota Dewan IHO sejak tahun 2017, selain itu saat ini Indonesia masih menjabat sebagai Ketua RHC East Asia Hydrographic Commission (EAHC).

Pertemuan Dewan IHO ke-8 tahun ini dilaksanakan di Monte Carlo, Monako dihadiri oleh 130 peserta terdiri dari anggota tetap Dewan (salah satunya Indonesia), ketua komisi-komisi regional IHO, badan-badan di bawah IHO, IMO, pengamat dan organisasi internasional lain terkait IHO. Agenda utama pertemuan ini membahas program kerja dan anggaran, laporan keuangan, menerima laporan-laporan dari badan-badan IHO, pendirian S-100 Infrastructure Center Establishment (ICE) dan pembentukan Kelompok Kerja Reviu Rencana Strategis 2027 – 2032 serta menyiapkan materi atau publikasi-publikasi yang akan diusulkan pada sidang Majelis tahun 2026.Di sela-sela pertemuan tingkat tinggi IHO ini, untuk meningkatkan kerja sama hidrografi dilaksanakan pula pertemuan bilateral dengan delegasi dari Banglades, Inggris (UKHO), HNHS Yunani dan IC-ENC.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *