Press "Enter" to skip to content

Lanal Lhokseumawe Patroli Perairan Selat Malaka Pantau PMI Ilegal dan Penyebaran Covid -19

Social Media Share

JAKARTA, NP – Lanal Lhokseumawe bersinergi dengan stakeholder pemerintahan yang lain tingkatkan pengawasan antisipasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal dari Negara Malaysia, Lanal Lhokseumawe memperketat wilayah denga patroli keamanan laut menyisir wilayah pantai selat malaka yang meliputi perairan wilayah Sigli, sampai Seruway, terutama wilayah Lhokseumawe dan Langsa (11/4/2020).

‘’Wilayah laut dan pesisir Aceh terdapat banyak pelabuhan kecil sebagai pintu gerbang secara illegal untuk bisa masuk dan pulang dari Negara tetangga Malaysia, karena itu kami secara intensif terus melakukan pemantauan terhadap para PMI yang pulang melalui jalur laut,” kata Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal.

Saat ini patroli keamanan laut (Patkamla), sedang menyisir laut sampai ke palabuhan tikus, dan bila ada kapal-kapal yang dicurigai maka akan kita lakukan pemeriksaan, lanjut Danlanal Lhokseumawe.

“Kita terus tingkatkan keamanan di wilayah laut, untuk mengantisipasi kepulangan PMI dari Malaysia asal Aceh yang diduga Illegal, Ini jalan satu-satunya untuk mengunci penyebaran Covid 19 yang sudah mewabah diseluruh Indonesia,” tegas Danlanal Sjamsul Rizal.

Saat ini KAL Bireuen Lanal Lhokseumawe terus secara periodik melaksanakan patroli keamanan laut dalam upaya memantau masukknya PMI secara illegal yang dicurigai sebagai carrier wabah Covid-19, upaya ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Jadi dengan melakukan patroli wilayah secara rutin tim kita yang dilapangan bisa memantau pergerakan TKI yang hendak masuk ke Aceh,” imbuh Danlanal Lhokseumawe.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan