Press "Enter" to skip to content

Kasal Apresiasi Korps Marinir Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Social Media Share

JAKARTA, NP –Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., MM memimpin olaharaga bersama dengan seluruh perwira Marinir wilayah Jakarta di Lapangan Apel Bumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Jumat (03/03/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut seluruh pejabat utama Mabesal, Pejabat Kotama TNI AL serta Komandan Korps Marinir (Kormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han), pejabat utama Kormar ikut dalam kegiatan tersebut melibatkan kurang lebih 200 perwira Marinir wilayah Jakarta ditambah panitia dan pendukung.Pada kesempatan tersebut Kasal menyampaikan apresiasi atas kerja keras Korps Marinir yang selama ini dilakukan, terutama dalam membantu pemerintah bersama-sama menangani Covid-19 serta upaya pencegahan penyebaran virus.

“Tentunya pada kesempatan tadi saya sampaikan kepada mereka (prajurit Marinir) untuk menumbuhkan semangat dalam melaksanakan tugas, baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah bersama-sama dengan Polri dan Kementerian/Lembaga yang saat ini telah bahu membahu untuk penanganan percepatan pandemi Covid-19 ini,”kata Kasal.

Kasal juga meminta kepada seluruh prajurit Marinir untuk tetap profesional sesuai bidang tugasnya dengan melaksanakan latihan-latihan kesiapan pasukan dan peralatan tempurnya secara bertingkat dan berlanjut, agar siap digunakan oleh Panglima TNI selalu pengguna operasional atas perintah Presiden.

“Jadi walaupun saat ini sedang pandemi kita tidak boleh terlena dan lemah dengan kondisi seperti ini. Prajurit Marinir harus tetap diuji dengan tetap melaksanakan latihan-latihan secara terpadu, seperti yang kemarin sudah kita lakukan, yaitu Pendaratan kendaraan amfibi di Pantai Banongan Kabupaten Situbondo,”ujar Kasal.

Kasal menambahkan, kedepan kegiatan sejenis juga akan dilakukan di daerah latihan Kepri dan Papua.

Kasal juga mengungkapkan di kala situasi pandemi yang terjadi saat ini ada juga prajurit Marinir yang ikut melaksanakan kegiatan percepatan penanganan Covid-19. Untuk itu Kasal meminta kepada seluruh prajurit Marinir ikut membantu mendisiplinkan masyarakat terkait pelaksanakan protokol kesehatan.

“Memang kita tidak dapat memaksa seperti kepada tentara. Tapi kita lakukan secara persuasif dan santun, karena kita dituntut untuk membantu pemerintah. Kita harus merendah supaya mereka (masyarakat) dengan kesadaran, seperti pakai masker, jaga jarak, kemudian sering cuci tangan. Saat di pasar atau masuk mall juga demikian. Tentunya itu sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah diterapkan,”tutur Kasal. (red)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan