Press "Enter" to skip to content

Kasal : Kemampuan Bela Diri Syarat Dasar dan Utama Yang Wajib Dimiliki Prajurit

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kemampuan bela diri merupakan salah satu persyaratan dasar dan utama yang wajib dimiliki oleh seorang prajurit sebab bela diri karate mengandung nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai kemiliteran yaitu nilai kejujuran, nilai keberanian, dan nilai sopan santun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat membuka secara resmi Kejuaraan Karate Kasal Cup 2022 dalam rangka HUT ke-76 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) bertempat di gedung RB. Soepardan Mako Puspomal Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Rabu (2/2) lalu.

Selanjutnya Laksamana Yudo juga menuturkan bahwa selain sebagai kemahiran bela diri, Karate juga dapat menjaga naluri tempur seorang prajurit dan sebagai cabang olahraga untuk meningkatkan kekuatan mental dan kemampuan fisik prajurit yang tanggon, tanggap dan trengginas apabila di latih dan dibina secara intensif.

Lebih lanjut, Kasal menekankan bahwa kemahiran bela diri hendaknya diimbangi dengan sikap ramah tamah dan sopan santun, serta tidak menggunakannya untuk merugikan rakyat dengan menakut-nakuti maupun menyakiti hati rakyat. “Dalam kondisi tertentu, kemahiran bela diri perlu digunakan secara terukur untuk membela kebenaran, menjaga kehormatan diri, kehormatan keluarga, kehormatan satuan, maupun kehormatan negara dan bangsa,” pesan Kasal.

Kejuaraan Nasional Karate Kasal Cup tahun 2022 yang ditutup oleh Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) Lukman ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 2 hingga 4 Februari 2022. Kejuaraan diikuti oleh 73 kontingen dengan jumlah 669 atlet karateka. Mereka akan bertanding memperebutkan juara dalam 4 ketegori yakni kategori TNI – Polri 135 orang, Kategori Open 365 orang, Kategori Festival 95 orang serta kategori Intern 74 orang.

Tampil sebagai Juara Umum pada Kategori TNI/POLRI adalah Juara Umum 1 diraih oleh Kontingen Marinir dengan perolehan 5 (lima) Medali Emas, 5 (lima) Medali Perak, dan 7 (tujuh) Medali Perunggu. Pada posisi Juara Umum 2 iraih oleh Kontingen Puspomal dengan perolehan 2 (dua) Medali Emas, 3 (tiga) Medali Perak, dan 2 (dua) Medali Perunggu. Sedangkan Juara Umum 3 diraih oleh Kontingen Resimen 2 Pelopor dengan perolehan 2 (dua) Medali Emas dan 1 (satu) Medali Perunggu.

Pada Kategori OPEN, Juara Umum I diraih oleh Kontingen Renzo United dengan perolehan 14 Medali Emas, 16 Medali Perak, dan 26 Medali Perunggu. Juara Umum 2 diraih oleh Kontingen Marinir dengan perolehan 4 Medali Emas, 4 Medali Perak, dan 5 Medali Perunggu. Sedangkan Juara Umum 3 diraih oleh Kontingen Bhumi Marinir Cilandak dengan perolehan 4 Medali Emas, 3 Medali Perak, dan 4 Medali Perunggu.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan