Press "Enter" to skip to content

Sukseskan Sail Tidore 2022, KRI Teluk Palu 523 Bawa Satgas Surya Baskara Jaya LXX dan Pelayaran Pembinaan Karakter

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka menyukseskan rangkaian kegiatan Sail Tidore tahun 2022, salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut dari jajaran Komando Lintas Laut Militer yaitu KRI Teluk Palu-523 bertolak menuju Tidore, Maluku Utara dengan membawa Satuan Tugas Surya Baskara Jaya (SBJ) LXX dan Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM). Acara dua tahunan ini, di antaranya bertujuan untuk mempromosikan pariwisata bahari sekaligus mengembangkan perekonomian pesisir yang berkelanjutan.

Sebelum bertolak menuju Tidore, Maluku Utara dilaksanakan upacara pelepasan KRI Teluk Palu-523 yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/11). KRI Teluk Palu-523 akan menempuh rute Jakarta-Makassar-Ternate-Tidore. Satgas SBJ LXX dan PPKM yang on board KRI sejumlah 493 orang diantaranya adalah Pramuka Saka Bahari dari 34 kontingen daerah dan Putera Puteri Maritim Indonesia (PPMI). Selama pelayaran mereka akan diberikan pembekalan, pengenalan TNI AL, kepramukaan, leadership dan kedisiplinan serta pesta seni dan budaya. Sementara kegiatan di darat berupa jumpa tokoh, kepramukaan, kegiatan prestasi, wisata bahari, interaksi sosial dan bakti sosial serta kegiatan berkemah.

Wakasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa seiring dengan visi Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, generasi muda bangsa harus mempunyai semangat dan tekad yang kuat dan disertai aksi nyata dalam membangun sektor kelautan dan memanfaatkan laut untuk kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia, melalui pemberdayaan potensi laut secara terpadu, terintegrasi dan berkelanjutan. Sail Tidore tahun 2022 adalah salah satu langkah kongkret Pemerintah dalam memperkenalkan kekayaan laut khususnya Tidore ke masyarakat internasional, selain itu juga sekaligus strategi dalam upaya percepatan ekonomi di Provinsi Maluku Utara sehingga dapat memberikan dampak positif terutama dalam penegasan Maluku Utara sebagai kawasan rempah dunia dan penguatan sarana promosi Maluku Utara sebagai kawasan maritim dunia sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-bangsa”.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi yang turut hadir dalam upacara pelepasan KRI TLU-523 menyampaikan pesannya kepada Komandan KRI Teluk Palu-523 Letkol Laut (P) Siswandony agar mengutamakan keselamatan personel dan materiil selama dalam pelayarannya. Warga sipil yang on board KRI agar diberikan kebanggaan dan motivasi tentang keangkatanlautan dan kemaritiman. Keterlibatan TNI AL dalam Sail Tidore 2022 merupakan komitmen dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa prajurit TNI AL harus selalu jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (Dispen Kolinlamil)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *