Press "Enter" to skip to content

Samakan Persepsi, Wasit Dan Pengendali Latihan Sar Laut Tahun 2023 Ikuti Penataran

Social Media Share

JAKARTA, NP – Jelang pelaksanaan Latihan Search and Rescue (SAR) Laut tahun 2023, Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun selaku Kepala Wasit dan Pengendali (Kawasdal) memberikan penataran Wasdal kepada Staf Perencana Latihan yang nantinya akan berperan sebagai Wasdal latihan, Senin (16/10). Penataran Wasdal yang berlangsung di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian kegiatan latihan SAR.

Latihan Search and Rescue Laut tahun 2023 merupakan bagian dari pembinaan personel di bidang operasi dan latihan khususnya dalam menghadapi situasi di mana prajurit dan alutsista Kolinlamil dituntut kesiapannya dalam rangka melaksanakan pertolongan bilamana terjadi kecelakaan di laut melalui operasi SAR. Asops Pangkolinlamil menyampaikan bahwa Penataran wasdal ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan latihan yang dimana Wasdal harus memahami dengan baik skenario dan mekanisme latihan yang nantinya akan dilaksanakan oleh pelaku sehingga bilamana dalam proses latihan terdapat hal-hal yang menyimpang Wasdal dapat memberikan panduan dan mengarahkan pelaku kepada skenario yang ada.

“Sesuai dengan arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, agar seluruh personel yang terlibat harus memahami dan menguasai peran, tugas dan tanggung jawabnya sebagai wasit maupun pengendali. Dengan penataran ini, diharapkan terbentuk persamaan persepsi sehingga tindakan yang diambil oleh Wasdal dapat membantu pelaku dalam memahami skenario dan mekanisme latihan sampai nanti disusun produk latihan hingga pelaksanaan manuver lapangan.” ujar Asops Pangkolinlamil

Latihan SAR tahun 2023 diikuti oleh beberapa stakeholder terkait dan diharapkan dari kolaborasi ini akan tercipta sinergitas sehingga dalam pelaksanaan suatu operasi SAR antar stakeholder sudah saling memahami perannya masing-masing. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dimana jajaran TNI AL dituntut untuk meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi Pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *