Press "Enter" to skip to content

Prajurit KRI Teluk Parigi 539 Jaga Keseimbangan Fisik dan Mental Di Medan Operasi

Social Media Share

JAKARTA, NP – Aktivitas yang dilakukan awak KRI Teluk Parigi 539 dalam mengemban tugas operasi dukungan angkutan laut Satgas pengamanan perbatasan wilayah NKRI dengan negara tetangga cukup padat. Oleh karena itu, membutuhkan keseimbangan mental dan fisik.

KRI Teluk Parigi sedang sandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong untuk singgah sebelum menuju Sasaran untuk debarkasi pasukan Yonif 715 Motuliato Gorontalo yang akan bertugas diperbatasan Papua. Saat sandar itulah, mereka membina ketahanan fisik, bersama-sama melaksanakan lari pagi berkeliling Mako Lantamal XIV Sorong, Jumat (20/11).

Sebelum melaksanakan lari pagi, para prajurit KRI Teluk Parigi dipimpin Komandannya Letkol Laut (P) Benedictus Hery M melakukan warming up, yang dilanjutkan dengan lari secara bersama-sama mengelilingi markas pangkalan TNI AL Sorong.

Komandan KRI Teluk Parigi 539 mengatakan bahwa sesuai perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) bahwa prajuritnya wajib menjaga kondisi fisik dan mental dengan baik, meskipun saat dimedan operasi. Disamping juga dengan melatih fisik seperti ini diharapkan mampu menjadikan prajurit selalu dalam kondisi yang siap melaksanakan tugas yang diembannya secara profesional.

Kegiatan pembinaan fisik ini juga merupakan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membina kesamaptaan jasmani dan ketahanan fisik guna membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Selain fisik, juga perlu pembinaan mental untuk menjaga keseimbangan bagi prajurit. Oleh karena itu, Letkol Laut (P) Benedictus Hery M mengajak kepada seluruh prajuritnya mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa Tuhan Yang Maha Esa dengan kegiatan ibadah. Dalam ibadah tersebut, prajurit yang beragama Islam menjalankan salat magrib berjemaah, dilanjutkan yasinan bersama di Lounge Room.

Sementara itu, prajurit yang beragama Kristen dipimpin langsung oleh komandan di Lounge Room Perwira. “Ibadah ini sangat penting untuk kita sebagai manusia. Selain meningkatkan kemampuan bertempur, juga mampu menjaga pembinaan mental prajurit agar selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa,” ujar Komandan.

Menurutnya, tanpa pertolongan Tuhan maka kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Dengan ibadah ini semoga kita selalu dilindungi dan diberi kesehatan serta keselamatan dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh TNI AL, TNI, bangsa dan Negara.

Saat ini KRI Teluk Parigi 539 sedang melaksanakan dukungan angkutan laut operasi pengamanan perbatasan dengan negara tetangga diwilayah timur Indonesia. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan