Press "Enter" to skip to content

Panen Udang Vaname Di Tambak Koarmada I

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan di Lingkungan Prajurit TNI AL, Komando Armada I (Koarmada I) menggelar panen raya udang vaname di lokasi Tambak Udang, Lom Ad Marunda, Jakarta Utara, Selasa (29/12).

Diungkapkan oleh Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kapok Sahli Pangkoarmada I, Laksma TNI Catur Sudarsono, S.A.P., M.M., M.si (Han) bahwa, program ini terus dikembangkan bersama masyarakat, dan instansi terkait di daerah, dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup prajurit dan masyarakat di sekitar wilayah kerja Koarmada I.

“Besarnya potensi sumber daya alam laut tidak akan bermanfaat tanpa didukung oleh pengetahuan dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pelestariannya, serta kesadaran dan komitmen yang tinggi pada seluruh elemen masyarakat dalam menangani kekayaan laut yang kita miliki” Papar Panglima

“Untuk Itu kita harus memiliki komitmen bahwa laut dapat mensejaterakan ekonomi rakyat dan kita semua harus mendukung program pemerintah dalam mencukupi pemenuhan kebutuhan pangan salah satunya melalui budidaya udang vaname” lanjutnya

”Hasil panen ini, selain untuk kesejahteraan bagi prajurit juga tentunya bagi masyarakat sekitar dan nantinya akan menjadi prakonsep bagi Lantamal dan Lanal di jajaran Koarmada I, selain pembudidayaan lele yang telah berjalan. Lantamal maupun Lanal jajaran Koarmada I, kebanyakan memiliki lahan di pinggir laut yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi tambak, dan itu sangat memungkinkan untuk pengembangan udang vaname yang berpotensi dalam peningkatan ekonomi keluarga besar TNI AL dan masyarakat sekitar” Pungkas Pangkoarmada I.

Menurut Aspotmar Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E. “Tambak udang vaname Koarmada I yang berada dalam pengelolaan Staf Potensi Maritim Koarmada I (Spotmar Koarmada I). Dalam pelaksanaannya, Spotmar Koarmada I bekerja sama dengan sejumlah ahli budidaya udang guna melaksanakan perawatan serta pemeliharaan bibit hingga siap panen”

“Sejak tiga bulan lalu, Koarmada I melalui Dinas Potensi Maritim, melaksanakan budidaya udang vaname dengan menyebar sebanyak 400.000 bibit udang di tambak seluas 1,5 Ha. Diperkirakan hasil panen udang ini mencapai 3,5 Ton, dengan ukuran 50 ekor per kilogramnya”

Hasil dari panen raya selanjutnya dibagikan ke Satuan Kerja Koarmada I dan sebagian dijual utk modal tanam budidaya udang selanjutnya dengan harapan akan bisa semakin berkembang.(Pen)

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan