Press "Enter" to skip to content

Mitigasi Banjir di Marunda, Kolinlamil Gandeng Stakeholder Normalisasi Saluran Air

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka meminimalisir terjadinya genangan air dan banjir, Komando Lintas Laut Militer bekerja sama dengan Kawasan Berikat Nusantara dan Pemerintah Kota Jakarta Utara melakukan normalisasi saluran air di lahan Kolinlamil Marunda.

Sebagai bentuk sinergitas sekaligus kesempatan untuk saling bertemu dan berkoordinasi langsung, Kolinlamil menggelar kegiatan seremonial sebagai tanda dimulainya kegiatan normalisasi saluran air di lahan Kolinlamil Marunda, Jakarta Utara, Kamis (31/3). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma, Walikota Jakarta Utara, Direktur Utama Kawasan Berikat Nusantara, Wadan Lantamal III, Wadan Pasmar I, Camat Cilincing dan Lurah Marunda serta pasukan pelangi yang nantinya akan terjun langsung dalam kegiatan normalisasi saluran air.

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya mengatakan lahan seluas 8,5 hektar milik Kolinlamil sebagian besar belum termanfaatkan secara maksimal karena kondisi lahan yang masih tergenang air, sehingga perlu dinormalisasi saluran airnya. Mensikapi kondisi tersebut, bersama dengan Pemda Jakarta Utara beserta jajarannya dan didukung oleh PT Kawaan Berikat Nusantara, Kolinlamil melaksanakan normalisasi saluran air sehingga lahan yang tersedia dapat dikelola dengan dimanfaatkan untuk penghijauan, program ketahanan pangan dan program lainnya yang berguna bagi masyarakat luas.

“Program normalisasi saluran air adalah wujud dari sinergitas antar komponen negara yang masing-masing mempunyai tujuan yang sama, yaitu mendatangkan kebaikan dan manfaat untuk masyarakat di sekitarnya.” tandas Panglima Kolinlamil.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim yang hadir di lokasi acara menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada TNI AL dalam hal ini Kolinlamil atas inisiasinya untuk melakukan normalisasi saluran air sehingga meminimalisir terjadinya genangan air dan banjir di wilayah Marunda, Jakarta Utara. Selain itu, dengan rencana lahan Marunda Kolinlamil sebagai urban farm dengan sendirinya akan menciptakan ruang terbuka hijau yang kelak sangat bermanfaat buat warga sekitar Marunda.

“Kegiatan normalisasi ini kurang lebih akan dikerjakan selama 6 bulan. Dan pekerjaan ini dapat dilaksanakan berkat kolaborasi dari berbagai pihak sehingga kerja sama dan soliditas yang terbentuk akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.” ungkap Walikota Jakarta Utara tersebut.

Terkait dengan kegiatan di lahan Kolinlamil Marunda, hal tersebut merupakan bentuk implementasi dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, jalin soliditas dengan segenap komponen negara menuju sinergitas dalam kesemestaan serta jaga kepercayaan negara dan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi dan masyarakat. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan