Press "Enter" to skip to content

Kas Koarmada I Menerima Kunjungan Siswa Kursus Atase Pertahanan

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Staf Komando Armada I (Kas Koarmada I) Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han)., CHRMP., menerima kunjungan Perwira Siswa Kursus Atase Pertahanan (Athan) Republik Indonesia (RI) Angkatan XII Tahun 2020 Bais TNI dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Gedung Matjan Kumbang, Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Jumat (11/12/2020).

Kuliah Kerja Dalam Negeri Perwira Siswa Athan XII di Koarmada I dilaksanakan secara langsung kepada 7 orang perwakilan Pasis dan diikuti oleh 52 Pasis lainnya yang mengikuti secara Daring.

Dalam pembekalannya, Kas Koarmada I menjelaskan tugas pokok Koarmada I sebagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut, sebagai Komando Utama Operasional dan Komando Utama Pembinaan.

Selanjutnya Kas Koarmada I menjelaskan bahwa Konsep Indonesia sebagai Negara Kepulauan (Archipelagis State) diakui dunia setelah United Nation Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) yang disahkan pada tanggal 10 Desember 1982, dan Indonesia telah meratifikasinya dan telah ada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985.

Hal tersebut harus dipelajari dan dipahami oleh seluruh Pasis yang nantinya ketika menjadi Athan akan menjadi salah satu bahasan diplomatik. Dengan pemahaman yang mendalam, diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam memberikan pemahaman atau memberikan statment tentang Konsep Negara Kepulauan.

Kas Koarmada I juga mengatakan, sebagai Atase
Pertahanan selain dituntut mengetahui konsep UNCLOS diharapkan juga dapat mengusai teknologi. Lebih dari itu para Atase Pertahanan juga dituntut mampu memberikan citra yang baik tentang keberadaan Negara Indonesia dalam menghadapi tantangan global sebagai poros maritim dunia.

Pada akhir paparannya, Kas Koarmada I mengharapkan kepada seluruh Perwira Siswa Athan Angkatan XII dengan berbekal pengalaman kedinasan sebelumnya, diharapkan dapat memberikan informasi dan saran yang berguna bagi kemajuan TNI pada khususnya serta negara dan bangsa pada umumnya.

Kegiatan KKDN Pasis Sus Athan XII yang dilakukan secara daring juga dihadiri oleh Dansatinduk Bais TNI Laksma TNI Akmal, S.A.P., Perwira Pendamping Siswa dan Pejabat Utama Koarmada I. Pembekalan diakhiri dengan tanya jawab perwakilan peserta dengan Kas Koarmada I.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan