Press "Enter" to skip to content

Asah Profesionalitas, 60 Prajurit Kolinlamil Latihan Operasikan Enkripsi MMC – 3000 dan Secos

Social Media Share

JAKARTA, NP – Sebanyak 60 prajurit KRI dan staf Komunikasi elektronika mengikuti Latihan dan keterampilan (Latram) Multi Mode Cripto (MMC) 3000 dan Security Communication (Secos) yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Latihan yang berlangsung selama lima hari (2 – 6 Nopember) tersebut berakhir pada, Jumat (6/11) yang ditutup Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika (Kadiskomlek) Kolonel Laut (E) Yesayas TM Silalahi S.T.,M.T.
Latihan yang juga diikuti prajurit Komlek Satlinlamil 2 Surabaya ini dilaksanakan secara virtual melalui satuan komunikasi (satkom) Satlinlamil 2 Surabaya.
Saat menutup latihan, Kadiskomlek Kolinlamil mengatakan Lattram MMC 3000 merupakan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan personel pengawak peralatan MMC 3000 serta menguji kesiapan peralatan, sistem dan metode baik taktis maupun teknis dalam rangka mendukung tugas pokok Kolinlamil.

Lebih lanjut dijelaskan salah satu prinsip penting dalam menggunakan peralatan komunikasi adalah communication security (keamanan komunikasi). Dengan motto pengawak komunikasi yaitu TX (pancaran) harus trusted and secure (terpercaya dan aman) serta diterima dengan loud and clear (terang dan jelas).

“Saat ini kita memiliki peralatan mesin sandi MMC 3000 yang menjadi standar TNI dalam mengirim dan menerima berita dengan aman” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Kadiskomlek memberikan penghargaan kepada 3 peserta latihan yang berprestasi Kelasi Dua Tlg Yudi Witira (KRI Mentawai 959), Kopral Satu Tlg Samiaji (Satkom Satlinlamil 2 Surabaya) dan Kopral Dua Tlg Sholihun Hadi (KRI Banjarmasin 592).

Sementara itu Panglima Kolinlamil yang menerima laporan kegiatan ini, mengatakan terselenggaranya Lattram ini diharapkan Kolinlamil dan TNI Angkatan Laut pada umumnya dapat meningkatkan seluruh aspek kemampuan baik kemampuan personel maupun material.

“Saya mengharapkan hendaknya hasil latihan ini dapat diaplikasikan di lapangan dimanapun prajurit bertugas serta dapat dievaluasi dan dijadikan masukan kepada pimpinan TNI AL untuk kesempurnaan pelatihan maupun kesiapan operasi selanjutnya” jelas orang nomor satu di Kolinlamil ini. Kegiatan latihan – latihan diKolinlamil juga merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam pembangunan Sumber Daya Manusia TNI AL.

Turut hadir dalam penutupan Lattram Komlek 2020 para perwira diskomlek Kolinlamil, prajurit Korps Komunikasi unsur dan staf di Pangkalan Jakarta serta Pangkalan Surabaya. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan