Press "Enter" to skip to content

TNI AL Siap Dukung Peta Mangrove Nasional 2021

Social Media Share

Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan. (Foto:red)

JAKARTA, NP – TNI AL melalui Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) siap mendukung program Peta Mangrove Nasional (PMN). Menurut Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan, Pushidrosal akan terus bersinergi dengan Kementerian /Lembaga terkait, seperti dengan Kemenko Marves.

Seperti dilansir dari Berita Buana.co, baru-baru ini Kemenko Marves bersama pejabat terkait  meluncurkan Peta Mangrove Nasional (PMN) tahun 2021 di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta.

Untuk diketahui, PMN Tahun 2021 ini merupakan hasil pemutakhiran penyusunan peta yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013. Menko Marves Luhut Panjaitan pada kesempatan tersebut mengatakan,One map mangrove ini merupakan langkah tepat untuk terus maju bekerja merehabilitasi mangrove sesuai agenda Presiden.

“Dari Kemenko Marves kita terus bersinergi atau mendapat arahan dari bapak Menko Marves dalam rangka pemetaan mangrove dan konservasi,”ujar  Danpushidrosal, usai acara pemberian Brevet Kehormatan Hidro – Oseanografi di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (19/10/2021).

Bahkan saat ini lanjut dia, Pushidrosal juga telah melakukan survei dan pemetaan terhadap danau danau-danau yang menjadi prioritas di Indonesia.

“Ada 15 danau yang sudah keluar Perpresnya. Pushidrosal ikut serta dan bertanggung jawab untuk survei dan pemetaannya,”imbuh Danpushidrosal.

Dirinya menegaskan, salah satu tugas pokok Pushidrosal adalah sebagai penjamin keselamatan navigasi dan pelayaran di wilayah perairan Indonesia.

“Perairan Indonesia digunakan oleh seluruh pengguna maritim/pengguna laut. Mereka membutuhkan peta untuk berlayar melalui perairan Indonesia. Maka Pushidrosal berkewajiban menyediakan peta-peta perairan di seluruh Indonesia. Baik itu berupa Peta Kertas maupun Peta Elektronik,”terang Danpushidrosal.(red)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan