Press "Enter" to skip to content

Panglima Kolinlamil Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengikuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh hari ini Kamis 1 Oktober 2020, secara virtual dari Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur.

Panglima Kolinlamil yang didampingi Kepala Staf Kolinlamil, dan para pejabat utama Kolinlamil mengikuti upacara tersebut dari Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dengan kondisi yang terbatas karena protokol kesehatan, upacara tahun ini digelar secara virtual yang seluruh lembaga Negara perwakilan Indonesia di luar negeri, hingga kepala daerah di Indonesia termasuk TNI –Polri wajib mengikuti upacara dari kantor masing-masing.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.45 WIB, dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, dengan komandan upacara Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap.

Dalam peringatan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Panglima TNI serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Dapat disaksikan secara virtual, petugas upacara terdiri atas Komandan upacara sebanyak satu orang dan cadangan satu orang, pasukan upacara sebanyak 20 orang dan cadangan delapan orang.
Untuk Korps musik sebanyak 35 orang serta pembaca susunan acara sebanyak satu orang dan cadangan satu orang.

Pada upacara peringatan kali ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI sebagai pembaca teks Pancasila.

Upacara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, peserta upacara memberikan hormat kepada Jokowi. Komandan upacara melaporkan kepada Jokowi untuk memulai upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan. Kemudian pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Selanjutnya, pembacaan Naskah UUD NRI Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Kemudian, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy membacakan doa. (Pen).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan