Press "Enter" to skip to content

Kopassus Terima 4 Kendaraan Operasional Penanggulangan Bencana dari Kementerian Sosial RI

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka mendukung operasi kemanusiaan dalam penanganan bencana oleh para Prajurit Kopassus, Menteri Sosial Juliari P Batubara menyerahkan secara simbolik empat unit kendaraan operasional penanggulangan bencana kepada Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Dukungan sebagai bentuk sinergi kementerian dan lembaga dalam penanggulangan bencana ini diterima langsung oleh Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) di Gedung Flamboyan Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (1/9/2020).

Bantuan kendaraan operasional penaggulangan bencana tersebut berupa 2 (dua) unit Kendaraan Tangki air dan 2 (dua) unit dan 2 (dua) Kendaraan Truk Serbaguna.

Dalam sambutannya, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan dukungannya kepada korps Baret Merah.

” Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Menteri Sosial atas bantuan yang sudah kami terima berupa 2 (dua) unit, Kendaran Tangki air dan 2 (dua) unit Kendaraan Truk Serbaguna. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi Kopassus dalam melaksanakan kegiatan perbantuan dan kegiatan sosial,” jelas Danjen Kopassus.

Ditambahkan Danjen, biasanya kegiatan menanggulangi bencana dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga pihaknya harus mendirikan dapur lapangan untuk menyiapkan logistik bagi prajurit maupun masyarakat yang menjadi korban.

Demikian juga, lanjut Danjen, dalam penanganan banjir yang terjadi di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya, Kopassus mengalami kesulitan dalam penanganannya, hal ini disebabkan keterbatasan dari alat perlengkapan yang ada sehingga tidak dapat mendukung secara cepat ke daerah yang terdampak bencana banjir.

” Dengan adanya bantuan ini kita sebagai TNI siap untuk melaksanakan tugas kedepan dan saya yakin akan lebih maksimal dengan adanya bantuan dari bapak Menteri Sosial,” ucap Danjen.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan bantuan berupa 4 unit kendaraan operasional penanggulangan bencana ini merupakan bentuk sinergitas antara kementerian dan lembaga dalam penanggulangan bencana
“Yang kita lakukan hari ini adalah bentuk sinergi antara kementerian dan lembaga dalam penanggulangan bencana. Tujuannya untuk memastikan masyarakat yang terdampak bencana terpenuhi kebutuhannya,” terang Mensos.

Mensos berharap dengan kendaraan ini diharapkan membantu meningkatkan dukungan operasi kemanusiaan dalam penanganan bencana oleh personil Kopassus. Di lain pihak, masyarakat terdampak bencana bisa mendapatkan pertolongan lebih cepat dan lebih optimal.

Acara penyerahan bantuan 4 kendaraan penanggulangan bencana dari Kementerian Sosial ini juga di hadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemensos RI Hartono Laras, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin, Direktur Jenderal Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam M. Syafii Nasution beserta rombongan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Para Pamen Ahli Kopassus, para Asisten Kopassus, para Komandan Satuan Jajaran Kopassus dan para Kabalak Kopassus.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan