Press "Enter" to skip to content

Kapushidrosal Lepas Manlap Latsurta Hidros

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P. melepas manuvra lapangan(Manlap) Latihan Survei dan pemetaan (Latsurta) Hidro Oseanografi T.A 2020 di Dermaga Terminal 04, Jakarta Internasional Container Terminal (JICT), Tj.Priok, Jakarta Utara. Jum’at (13/11).

Sebelum pelepasan manlap dilakukan apel gelar pasukan, yang dimulai laporan komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutaqim kepada Kapushidrosal tentang kesiapan pasukan mengikuti manlap. Hadir dalam acara tersebut di antaranya Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T. M.M, Kadisopslatal Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, Wairjenal Laksamana Pertama TNI Nur Fachruddin dan seluruh personel peserta latihan.

Dalam sambutannya Kapushidrosal menyampaikan Pushidrosal sebagai kotama pembinaan dan operasional, mengemban tugas sebagai penyelenggara fungsi hidrografi dan Osenografi untuk kepentingan militer dan layanan publik. Guna mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas, Pushidrosal secara periodik dan berkelanjutan menyelenggarakan program latihan surta hidros, guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Pushidrosal menuju terwujudnya Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan pusat informasi geospasial kelautan.

Latihan ini dilaksanakan secara terpadu antara unsur KRI, Unit Survei pesisir dan staf pendukung sebagai ajang uji dan penilaian pelaksanaan tugas, peran dan fungsi serta tanggung jawab Satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal.

Apel gelar yang dilaksanakan ini untuk melihat kesiapan personel, material dan alutsista yang disiapkan guna mendukung pelaksanaan Latsurta Hidro-Oseanografi.

Melalui Tema “ Pushidrosal melaksanakan Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidrog-Oseanigrafi TA 2020 di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut” Kapushidrosal juga berharap sasaran latihan dapat sepenuhnya tercapai, mealui kesatuan komandao dan pengendalian serta kesamaan visi dan misi bagi seluruh prajurit sehingga misi latihan dapat berjalan dengan lancar secara efektif, efisien tepat sasaran dan terukur.

Beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman pelaksanaan Latihan yang disampaikan oleh Kapushidrosal sebelum mengakhiri sambutannya antara lain adalah pertama, dalami dengan seksama rencana latihan agar paham dan megerti fungsi dan tugas setiap pelaku sehingga keberhasilan dapat tercapai. Kedua, melaksanakan setiap rangkaian kegiatan latihan dengan penuh kesungguhan dan disiplinn, sehingga latihan berjalan sesuai dengan perencanaan. Ketiga, perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, dengan perhitungan yang cermat dan pertimbangan yang logis. Keempat, pertahankan kondisi tehnis alat utama agar tetap prima untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan kegiatan. Kelima, laksanakan latihan ini dengan sabaik-baiknya sehingga outputnya dapat menjadi bekal penugasan lapangan. Dan terakhir ke enam, melaksanakan latihan dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kegiatan Manlap Latsurta tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 17 Nopember 2020, dengan melibatkan KRI Rigel-933, KAL Vega, serta unit survei darat.(rls)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan