Press "Enter" to skip to content

Dubes Jepang Kunjungi Mabes Bakamla RI

Social Media Share

JAKARTA, NP- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima kunjungan Duta Besar Jepang Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Indonesia Y.M. Ishii Masafumi, di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2020).

Sebagaimana diketahui, kerja sama Republik Indonesia dengan Jepang sudah berjalan selama 62 tahun. Dalam kaitannya keamanan dan keselamatan laut, Bakamla RI dan Japan Coast Guard (JCG) telah beberapa kali melakukan kerja sama. Terbukti dari beberapa kegiatan yang dilangsungkan bersama-sama, baik yang dilaksanakan di Indonesia maupun di Jepang.

Baru-baru ini, Bakamla RI dan JCG melakukan pelatihan yang bersifat peningkatan kapasitas personel. Dikarenakan masih berada di tengah-tengah pandemi Covid-19, kegiatan pelatihan berlangsung secara daring dan diikuti oleh perwakilan personel Bakamla RI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, Bakamla RI telah melaksanakan pertemuan teknis dengan JCG dan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membahas Technical Cooperation dengan prioritas program pelatihan tahun 2020 – 2022 pada bulan September tahun lalu.

Dalam kesempatan ini, Dubes Masafumi juga diajak berkunjung ke Indonesia Maritime Information Centre (IMIC) yang baru diluncurkan tanggal 22 Juli 2020. Laksdya Aan Kurnia menjelaskan, bahwa dari IMIC dapat diperoleh informasi terkini terkait kondisi di perairan Indonesia. Info maritim ini juga dapat diakses melalui website imic.bakamla.go.id. Selain itu, IMIC juga akan dan sedang berkolaborasi dengan command center di negara-negara tetangga dalam berbagi data terkini mengenai keamanan dan keselamatan laut. Dalam implementasinya, diharapkan kerja sama dan tanggapan positif dari Jepang, khususnya JCG dalam mendukung pertukaran data dengan IMIC.

Diharapkan melalui pertemuan hari ini, kerja sama kedua negara, terlebih lagi Bakamla RI dengan JCG dan JICA, dapat terjalin lebih erat dan memberi kontribusi positif dalam keamanan perairan di kawasan.(rls)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan