Press "Enter" to skip to content

Buka Peruri Conference & Exhibitions 2023, Menteri Anas: Ini Ajang Penjaringan Ide Cemerlang

Social Media Share

JAKARTA, NP – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi inisiatif Peruri yang menggelar konferensi dan pameran GovTech. Anas menyebut, ajang ini merupakan sarana menjaring ide-ide cemerlang untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih berdampak bagi masyarakat.

“Perjalanan transformasi digital Indonesia saat ini sudah on the track. Kita juga terus mempelajari _best practice_ di berbagai negara, salah satuya pentingnya peran GovTech dalam transformasi digital,” ujarnya saat membuka Peruri Conference & Exhibitions 2023 di Jakarta, Kamis (05/10), dalam siaran pers.

Dijelaskan, transformasi digital merupakan akselerator dalam melakukan percepatan pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan publik. Dengan munculnya berbagai tantangan global yang ada, _Digital Government_ memerlukan terobosan pada _digital structure_, _digital culture_, dan _digital competency_ untuk mengakselerasi ketercapaian prioritas pembangunan nasional.

Dari sisi birokrasi, Indonesia telah melakukan lompatan-lompatan strategis untuk mempercepat pembangunan. Semangat dari transformasi ini adalah penyederhanaan dan fokus pada dampak.

Pemerintah juga berupaya memperkuat tata kelola, membangun kemampuan pengembangan dan implementasi pemerintah, serta mempercepat pembangunan layanan digital prioritas yang menekankan integrasi dan interoperabilitas melalui Digital Public Infrastructure dengan merumuskan Peraturan Presiden. Perpres Percepatan Transformasi Digital yang diusulkan akan menjadi fondasi penting untuk meningkatkan layanan pemerintah dan mempercepat pembangunan nasional.

“Saya sangat berharap, lewat kegiatan yang diselenggarakan Peruri ini bisa memperkuat GovTech untuk dapat memastikan kualitas standardisasi untuk aplikasi prioritas, sekaligus secara sistematis mendorong integrasi dan interoperabilitas, dengan berorientasi pada kebutuhan pengguna atau Citizen Centric,” ungkapnya.

Peruri Conference & Exhibitions 2023 merupakan sarana diskusi dan sharing knowledge antara regulator, praktisi maupun stakeholder yang mengangkat tema ‘Public Services Reimagined: Govtech Solution for a Better Tomorrow’. Acara yang dilaksanakan pada 5-7 Oktober 2023 ini menghadirkan bincang panelis bersama Expertise bidang teknologi, peluncuran wadah inovasi Peruri Digital Sandbox, pameran teknologi dari berbagai perusahaan teknologi terkemuka, serta _sharing session_ dengan beberapa perusahan teknologi global. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *