Press "Enter" to skip to content

Australia Akui Kehandalan Heli SAR TNI AU: Latihan Elang Ausindo 2023 Sukses Dengan Dukungan Heli SAR Super Puma TNI AU

Social Media Share

JAKARTA, NP – Latihan Bersama Elang Ausindo 2023, yang melibatkan pesawat F-16 TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara) dan F-35 RAAF (Royal Australian Air Force), dan berlangsung di Lanud Sam Ratulangi Manado tanggal 18 s.d. 26 September 2023,berhasil dilaksanakan dengan sukses berkat dukungan penting dari Heli SAR Super Puma Tail Number H-3214 yang dioperaikan oleh Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Kolaborasi antara dua negara ini dalam latihan penerbangan ini menunjukkan tingkat kesiapan dan kerja sama yang tinggi dalam menghadapi berbagai skenario darurat. Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF, dua dari pesawat tempur canggih di dunia, bekerja bersama-sama untuk menguji keterampilan penerbangan dan strategi pertahanan udara.

Namun, salah satu komponen kunci kesuksesan latihan ini adalah kehadiran Heli SAR dati TNI AU. Heli ini siap untuk tindakan darurat jika sewaktu-waktu terjadi situasi kritis selama latihan. Dipiloti oleh Kapten Pnb Eddo M. Angkasa dan Lettu Pnb Dwipa Putra, Heli Standby SAR H-3214 seolah menjadi penjaga keselamatan saat memerlukan pencarian, pertolongan dan evakuasi bagi seluruh peserta latihan yang terkait.

“Kami sangat menghargai peran penting Heli Standby SAR dalam menjaga keselamatan selama latihan ini berlangsung. Tanpa dukungan ini, penerbangan latihan ini tidak dapat dilaksanakan dengan aman,” kata beberapa penerbang F-35 RAAF dan F-16 TNI AU yg diwawancarai terpisah.

Dalam latihan semacam ini, kecepatan reaksi dan respons terhadap situasi darurat adalah kunci. Keberadaan Heli Standby SAR adalah langkah proaktif dalam memastikan bahwa setiap kemungkinan situasi darurat dapat ditangani dengan cepat dan efektif.

“Kami berkomitmen untuk selalu siap sedia dalam mendukung latihan semacam ini. Dalam dunia penerbangan, keselamatan adalah prioritas utama,” ungkap Kapten Pnb Eddo M. Angkasa dan Lettu Pnb Dwipa Putra.

Dengan berakhirnya Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 yang sukses, kedua negara dapat menilai dan meningkatkan kemampuan pertahanan udara mereka serta memperkuat hubungan bilateral mereka. Dukungan dari Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor melalui Heli Standby SAR telah membuktikan dirinya sebagai elemen penting dalam kesuksesan pelaksanaan latihan ini.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *