Press "Enter" to skip to content

“Sahabat Senior”, Bikin Hidup Tetap Berarti di Usia Senja

Last updated on 15/08/2023

Social Media Share

Ketua “Sahabat Senior”, Meliana Debora (tengah), bersama anggota yang lain. (Foto:Ist). (Foto:red)

JAKARTA, NP – Banyak yang mengira bahwa saat memasuki usia senja, lansia tidak bisa merasa bahagia. Apalagi, para lansia sering kali diabaikan dan dianggap remeh oleh orang di sekitarnya. Namun, hari ini anggapan tersebut terpatahkan.

Adalah “Sahabat Senior”. Sebuah komunitas yang para  anggotanya sudah tidak muda lagi ini menggunakan seragam sekolah SD menyambangi Ocean Dream , Samudra Ancol, Jakarta Utara, Senin (14/8/2023). Wajah bahagia tampak jelas tergambar di wajah Sahabat Komunitas ini saat menikmati lucunya atraksi lumba-lumba.Meskipun potret kakek-kakek dan nenek-nenek ini menggunakan seragam sekolah SD, bukan berarti mereka ingin sekolah kembali. Namun, sebenarnya itu sebagai bentuk semangat mereka dalam menjalani hidup, meski usia mereka  sudah tua.

“Khusus hari ini, kami dari Sahabat Senior ingin memberikan satu momen yang indah bagi para senior di indonesia. Sebagai senior jangan tinggal diam. Senior masih punya hak untuk mencintai Indonesia. Untuk kita menjadi teladan. Sebagai umur yang sudah lanjut, tetapi tetap mau mandiri. Tetap mau berkarya. Tetap berbenah diri, supaya kita menjadi teladan bagi angkatan muda dan menjadi berkat bagi sesama,”papar Ketua Sahabat Senior, Meliana Debora,  di Jakarta, Senin (14/8/2023).“Kan mumpung masih dikasih kehidupan. Mumpung masih diberi waktu yang indah . Jadi kita mau berkarya. Menjadi berguna,”imbuh Meliana.

“Jadi hari ini adalah momen yang langka. Kita mau mengingat jaman kita SD. Kita mengenakan pakaian SD. Kita mau mengingat jaman dulu. Kita mau bersenang-senang, bergembira, supaya kehidupan kita juga semakin semangat,”ujar dia.

Meliana mengutarakan, “Sahabat Senior” selama sebulan tidak pernah diam. Karena, sudah ada sederet kegiatan di depan mata, mulai dari tur, hinga acara temu kangen, yang semuanya bertujuan untuk menjalin persahabatan, oleh karena itu komunitas senior ini penting sekali.“Tentunya komunitas yang kita pilih yang sehat. Kalau hanya sekedar buat ngumpul, ngerumpi, ngomongin yang negatif itu sangat membahayakan para senior. Jadi kita ingin komunitas yang sehat, positif. Supaya saling mendukung, salain memberi semangat, sehingga hidup kita semakin hari semakin berarti,”tutur Meliana.

“Kan ngantri udah deket. Waktu sudah mepet. Kita harus bikin yang baik-baik. Kita harus tinggalkan kepada generasi di bawah ini hal – hal baik yang positif, supaya menjadi teladan bagi mereka. Kita maksimal kan waktu untuk hal-hal yang baik, untuk teman, keluarga dan negara ini,” ujar Meliana, yang juga sebagai Ketua OSIS di Komunitas Sahabat Senior ini.

Meliana mengungkapkan, “Sahabat Senior” hingga saat ini sudah  memiliki 38 cabang di kota-kota di Indonesia. Jumlah anggotanya sudah mencapai 1000 orang.

No.2 dari kiri, Kepala Sekolah “Sahabat Senior”, Henny Purwonegoro yang juga merupakan penyanyi senior Indonesia .(Foto:Ist)

Sementara itu, Kepala Sekolah Sahabat Senior, Henny Purwonegoro yang juga merupakan penyanyi senior Indonesia  mengatakan, hati yang gembira adalah obat.

“Kadang-kadang penampilan kita ada yang tak tahu diri. Uda kakek –kakek, nenek-nenek, mau aja pakai baju SD. Itu karena  jasa ibu Meliana. Ada yang yang jadi murid kelas 1, 2, 3 dan 4. Juga ada kepala sekolahnya. Ada pembina upacara,” jadi berbahagialah,”kata wanita kelahiran 10 November 1947 ini.

“ Ayo kita bersama-sama bergandeng tangan, menambah besarnya lingkaran Sahabat Senior, karena inilah kesempatan kita-kita. Bersatu bergembira bersama, karena kapan lagi? Kita gak tau umur, ya? Umur kita sampai kapan?! Mumpung Tuhan masih memberi kesempatan, ayo jangan ragu-ragu bergabung bersama Sahabat Senior. Pasti kita akan berbahagia bersama, Amin,”pungkas ibu mertua Once Mekel ini. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *