Press "Enter" to skip to content

Ketua DPD RI: Kualitas SDM Sangat Dipengaruhi Gizi

Social Media Share

JAKARTA, NP- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamuddin menilai program Makan Bergizi Gratis sangat penting dan mendesak dalam membentuk kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sultan mengibaratkan program andalan Presiden Prabowo Subianto itu seperti memupuk tanaman pada masa pertumbuhan. Tanaman yang ditanam dengan bibit unggul lalu dipupuk secara teratur dan seimbang akan menghasilkan kualitas buah yang berkualitas serta bernilai jual tinggi.

“Kami percaya, masa depan suatu bangsa sangat terkait erat dengan treatment atau pendekatan kebijakan terhadap sumber daya manusianya saat ini. Kuantitas demografi yang tidak ditumbuhkan dengan pendekatan nutrisi yang cukup akan menjadi beban pembangunan SDM suatu bangsa,” ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Sabtu (26/10).

Selain itu, lanjut Sultan, program makan Bergizi Gratis berpotensi menjadi sumber ekonomi baru di daerah. Kami melihat adanya peluang multiplaier effect yang dapat menumbuhkan geliat ekonomi pada sektor pertanian dan pangan di desa.

“Kami berharap agar program kerakyatan ini diintegrasikan dengan program Kemandirian pangan dan energi nasional. Agar para pelaku usaha tani dapat dijadikan supplier beras, sayuran, daging telur dan susu untuk mendukung terselenggaranya program tersebut,” tegasnya.

Mantan ketua HIPMI Bengkulu itu mengatakan bahwa puluhan triliun anggaran program Makan Bergizi Gratis yang mengalir hingga ke desa akan meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah. Artinya , akan ada jutaan peluang kerja baru yang bisa dikembangkan secara masif.

“Investasi pada kualitas SDM sejak dalam kandungan ibu adalah prasyarat agar bangsa ini mampu bersaing dengan negara maju lainnya. Insha Allah di usia emas Indonesia nanti kita akan memanen SDM dengan kualitas premium berkat program sederhana yang kita tanam saat ini,” tegas Sultan.(har)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *