Press "Enter" to skip to content

KRI Teluk Manado 537Angkut Satgas Pamtas RI – Malaysia Ke Kalimantan Timur

Social Media Share

JAKARTA, NP – KRI Teluk Manado 537 melaksanakan Operasi angkutan laut militer dengan mendukung pergeseran pasukan (serpas) Batalion Infanteri Raider khusus 623/Bhakti Wira Utama yang tergabung dalam Satuan Tugas (satgas) Pengamanan Perbatasan NKRI dengan Malaysia.

Saat ini, kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A. ini sedang melaksanakan embarkasi personel dan material Batalion Infanteri 623 yang berkualifikasi raider khusus di Dermaga Trisakti, Banjarmasin, Rabu (6/5). Ada 450 prajurit berikut kendaraan dinas dan perlengkapan prajurit yang muat ke kapal perang jenis Landing Ship Tank ini.

KRI yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta tersebut berangkat menuju Banjarmasin untuk membawa Batalion yang bermarkas di Banjarbaru ini melaksanakan tugas pengamanan perbatasan NKRI dengan Malaysia di Kalimantan Utara.

Saat melaksanakan embarkasi, Komandan KRI Teluk Manado 537 menyampaikan instruksinya kepada tim muat dan petugas kesehatan untuk melaksanakan standard operasi prosedur (SOP) embarkasi, selama pelayaran dan debarkasi. Khusus dalam penanggulangan dampak wabah covid-19 dan penerapan physical distancing.
“Pasukan yang embarkasi harus mengikuti SOP yang telah ditentukan khusus dalam penanggulangan covid-19, hal ini untuk mencegah bertambah penularan virus corona. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan menjaga jarak antar fisik antara 1 – 1,5 meter” tutur alumni AAL tahun 2002 ini.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. berpesan kepada para prajurit unsur KRI yang melaksanakan operasi angkutan laut militer untuk selalu waspada dan tanggap dengan situasi ditengah merebaknya wabah covid-19 ini.

“Waspada dan tanggaplah dengan situasi sekarang ini dimana pun kita bertugas. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Tetap semangat dan berdoa” tandas Panglima Kolinlamil berpesan.

Pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia ini, dilaksanakan di Dermaga Trisakti Banjarmasin dalam upacara pelepasan yang dipimpin Komandan Korem 101/Banjarmasin Kolonel Inf M. Syech Ismed..

KRI Teluk Manado 537 akan menurunkan Yonif Raider 623/BWU yang akan bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Utara di Nunukan dan Tarakan, dan juga akan menarik pasukan Yonif Raider 600/Modong yang telah bertugas selama Sembilan bulan, untuk kembali ke kesatuan asal.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan