Press "Enter" to skip to content

Danlantamal III Membuka Latihan Penanggulangan Kebakaran dan Kebocoran Di Satrol Lantamal III

Social Media Share

JAKARTA, NP – Komandan Lantamal (Danlantamal) III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. membuka Latihan penangulangan bahaya kebakaran dan kebocoran yang diikuti Prajurit Satuan Kapal Patroli Lantamal III, dengan instruktur dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada I dan PT. Lima Raya (Bp. Iqbal) diadakan selama 3 (tiga) hari di Komplek Pondok Dayung Jakarta utara, Rabu (16/9/2020).

Latihan ini dilaksanakan oleh Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal III pada Triwulan III Ta. 2020, mulai tanggal 16 – 18 September 2020 dan akan diajarkan / dilatih oleh pengawak pelatih yang professional, kemudian akan dilaksanakan simulasi dengan kondisi kebakaran serta pemadaman dengan mobil Damkar dan tabung pemadam sehingga peserta mampu menyerap dan mengaplikasikan latihan ini di lapangan. Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk menguji kemampuan dan profesionalisme personil Satrol Lantamal III, guna meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan Prajurit untuk selalu siap menanggulangi bahaya kebakaran dan kebocoran, karena di setiap pangkalan harus selalu siap dan sigap untuk menghadapi segala situasi darurat, salah satunya adalah bahaya kebakaran dan kebocoran di kapal. Latihan PEK ini diikuti oleh seluruh Prajurit Satrol Lantamal III, Tim penilai serta pendukung.

“Saya berharap, agar para peserta latihan ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat diselesaikan dengan baik, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna tercapainya Zero Accident. Selain itu latihan ini adalah untuk mengukur dan memperbaiki kemampuan para prajurit Satrol Lantamal III dalam melaksanakan penyelamatan bahaya kebakaran dan kebocoran di kapal, tetapi saat ini Indonesia sedang mengalami wabah virus Covid-19, maka laksanakan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, jaga kebersihan, cuci tangan dan tetap menjaga jarak. Latihan ini merupakan aplikasi teori dan praktek yang akan diterima oleh para peserta latihan, sehingga nantinya mampu melaksanakan antisipasi dalam menghadapi bahaya kebakaran dan kebocoran pada Kapal yang sesungguhnya. Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh serta menjadikan sebagai ajang dalam meningkatkan profesionalisme khususnya di bidang PEK, dan kepada penyelenggara agar melaksanakan latihan ini dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang telah direncanakan.” Tutur Brigjen Hermanto.

Hadir dalam kegiatan ini Wadan Lantamal III, Para Asisten/Kadis Lantamal III, Dansatrol, Danpomal, Dantim Intel, Dandenma, Danyonmarhanlan, Personel Kolat Koarmada I (Pendukung) dan PT. Lima Daya (Bp. Iqbal). (Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan