Press "Enter" to skip to content

Cegah Peningkatan Kluster Keluarga, Menteri Bintang Gandeng Ormas, Dunia Usaha, Hingga Media

Social Media Share

JAKARTA, NP – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga hari ini melakukan dialog virtual dengan sejumlah lembaga/organisasi masyarakat, dunia usaha, hingga media guna memperkuat koordinasi dan membangun sinergi mencegah peningkatan tren penyebaran Covid-19 kluster keluarga. Menteri Bintang mengajak seluruh mitra kerja Kemen PPPA untuk mengkampanyekan dan menyosialisasikan secara masif gerakan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan), sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya sangat mengapresiasi kesediaan seluruh pimpinan dan anggota organisasi perempuan, keagamaan, lembaga masyarakat, dan media yang hadir pada kesempatan ini untuk memberikan kerja nyata dan sumbangsih terbaik dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 dalam kluster keluarga. Saya yakin dengan sinergi, kebersamaan, dan kekeluargaan menjadi kekuatan yang besar bagi kita untuk melakukan edukasi dan sosialisasi 3M sampai ke tingkat terkecil lingkungan, yakni keluarga,” ungkap Menteri Bintang.

Menteri Bintang mengatakan Kemen PPPA mendapatkan instruksi langsung dari Presiden RI, Joko Widodo karena peningkatan tren kluster keluarga mendominasi kasus positif Covid-19 pada September 2020. “Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami terkait langkah untuk menekan dampak Covid-19 pada perempuan, anak, dan keluarga melalui kampanye dan sosialisasi secara masif terkait protokol kesehatan 3M kepada keluarga dan menyusun protokol kesehatan keluarga. Adapun penyusunan protokol kesehatan keluarga, Kemen PPPA tengah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan lembaga terkait. Protokol ini dimaksudkan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 serta penanganannya jika ada anggota keluarga yang terinfeksi,” tambah Menteri Bintang.

Menteri Bintang juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap seluruh anggota keluarganya. “Saya mengimbau untuk selalu menggunakan masker saat di dalam rumah, jika terdapat kelompok rentan seperti anak, ibu hamil dan menyusui, serta lansia dengan penyakit penyerta. Sayangi keluarga dan tunjukkan kepedulian kepada seluruh anggota dengan menerapkan 3M dalam keluarga,” ujar Menteri Bintang.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah perwakilan lembaga/organisasi masyarakat, dunia usaha, hingga media memaparkan upaya yang telah dilakukan dan memberikan masukan terkait protokol kesehatan keluarga yang akan segera disusun. Beberapa perwakilan organisasi masyarakat menyampaikan apresiasi atas langkah cepat Kemen PPPA dan mengungkapkan kesediaan serta dukungan untuk bersinergi, bekerjasama, dan bergandengan tangan menyosialisasikan kampanye 3M dalam rangka pencegahan Covid-19 dalam kluster keluarga. Kerja ekstra dari seluruh pihak akan mempermudah implementasi dari kampanye 3M dan protokol kesehatan keluarga sehingga bisa benar-benar dimengerti sampai ke tingkat terbawah (masyarakat) dan bukan saja menjadi slogan namun benar-benar terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari.(rls)

 

 

 

 

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan