Press "Enter" to skip to content

Antisipasi Bahaya Kebakaran, Prajurit Kolinlamil Berlatih Penanggulangan Kebakaran

Social Media Share

JAKARTA, NP – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) laksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berjenis CO2 dan busa serta hydrant (air bertekanan tinggi) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, baru – baru ini.

Kegiatan latihan tersebut dimaksudkan untuk menjaga ketanggapan dan kemampuan para prajurit Kolinlamil untuk menanggulangi bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi dalam menghadapi tugas-tugas di satuan maupun unsur di jajaran Kolinlamil.

Hal ini diharapkan dapat menghindari kerugian personel maupun materiel (zero accident).

Latihan yang dilaksanakan pada akhir April tersebut terbagi dalam 4 tim Pemadam Kebakaran (PMK) dan Penyelamatan Kapal (PEK) KRI Kolinlamil.

Mereka terdiri dari prajurit dan PNS yang berada di staf Markas Komando (Mako), staf Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta maupun prajurit yang berdinas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Pada latihan tersebut, kebakaran di 4 tempat disimulasikan terjadi di Gedung Laut Nusantara, Gedung Satharkan Satlinlamil Jakarta, Ruangan mesin KRI Banda Aceh 593.

Saat terjadi kebakaran di lokasi tertentu, salah satu dari anggota tim melaporkan kepada Komandan Tim (Dantim). Selanjutnya Dantim memerintahkan kepada penjagaan untuk mengumumkan lokasi terjadinya kebakaran dan memukul lonceng serta membunyikan sirine.

Sedangkan Kepala Tim (Katim) mengumpulkan seluruh anggota PMK dan melaporkan jumlah personel dan peralatan PMK ke Dantim. Setelah itu Dantim memerintahkan Katim untuk melaksanakan aksi pemadaman.

Usai melaksanakan latihan, Komandan Denmako Kolinlamil Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Sidhi menyampaikan evaluasi secara global terhadap pelaksanaan latihan dan menekankan pentingnya peranan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan. Sehingga terwujud tim yang solid dan kompak dalam melaksanakan suatu tugas untuk mencapai suatu kesuksesan.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa kesiapsiagaan prajurit dalam mengantisipasi bahaya pemadam kebakaran dilingkungan Kolinlamil baik di Mako maupun unsur KRI adalah hal yang esensial dalam menjaga alutsista untuk pelaksanaan tugas pokok. (Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan