Press "Enter" to skip to content

Inspektur Kolinlamil Pimpin Penanaman Mangrove Serentak di Muara Tawar

Social Media Share

JAKARTA, NP – Peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli setiap tahunnya ditindaklanjuti oleh TNI AL dengan menggelar penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi seluruh wilayah Indonesia yang digelar terpusat di Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Mengusung tema “Melalui sinergitas penanaman mangrove nasional secara serentak TA.2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program gulben, perubahan iklim dan cuaca global”, penanaman mangrove serentak melibatkan stakeholder dan berbagai komponen masyarakat.

Sebelum acara penanaman mangrove serentak dimulai, Kasal menyempatkan diri untuk menyapa seluruh satuan-satuan TNI yang bersiap melaksanakan program penanaman mangrove TNI AL di daerah masing-masing. Para Komandan pangkalan melaporkan jumlah dan lokasi penanaman dan personel yang terlibat. Secara keseluruhan, kegiatan penanaman mangrove serentak didukung oleh berbagai pihak. Hal tersebut menunjukkan adanya soliditas dan sinergitas berbagai komponen negara.

Demikian halnya dengan Komando Lintas Laut Militer, bertempat di Desa Segarajaya Muara Tawar, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Hardiko mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi memimpin acara penanaman mangrove serentak dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, Selasa (26/7). Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Kolinlamil, Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut dalam hal ini Kolinlamil sebagai bagian integral dari TNI mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dan menjaga kelestarian ekosistem pantai serta laut dengan pencanangan penanaman mangrove di kawasan pesisir guna menjaga kestabilan garis pantai dari abrasi.

Keberadaan ekosistem mangrove ini diharapkan mampu memberikan manfaat banyak bagi keseimbangan lingkungan dan membawa manfaat bagi peningkatan taraf hidup dan perekonomian masyarakat pesisir, disamping itu juga berperan dalam mencegah pemanasan global, mempengaruhi iklim dan cuaca, menjaga kualitas air dan udara serta pengembangan kawasan pariwisata. “Oleh karena itu sesuai dengan program prioritas Kasal guna menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan, Kolinlamil bersama dengan seluruh stakeholder mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap kondisi lingkungan di sekitar kita yang salah satunya dengan melaksanakan kegiatan penanaman kembali atau rehabilitasi mangrove di TPI Pal Jaya, sehingga kelak di TPI Pal Jaya ini akan kembali menjadi kawasan mangrove yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat di sekitarnya.” pungkas Inspektur Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *