Press "Enter" to skip to content

Layani Jemaah Haji, Petugas Sektor Khusus Masjidil Haram Siaga 24 Jam di Sembilan Posko

Social Media Share

Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Slamet Budiono.(Foto: Ist)

JAKARTA, NP – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H untuk wilayah Daker Makkah telah menyiapkan satu sektor layanan khusus di Masjidil Haram. Tim sektor ini bertugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan kepada jemaah, khususnya ketika berada di areal Masjidil Haram.

Mereka akan bertugas selama 24 jam, secara bergantian, untuk melayani jemaah haji Indonesia yang terus berdatangan ke Kota Makkah Al-Mukarramah, sejak 1 Juni 2023. Sampai hari ini, jam 17.00 waktu Arab Saudi, tercatat ada 22.932 jemaah yang sudah berada di Kota Kelahiran Nabi Muhammad saw. Mereka terbagi dalam 59 kelompok terbang (kloter).

“Kita siapkan 70 petugas yang ditempatkan pada pos-pos layanan di areal Masjidil Haram. Secara bergantian, mereka akan bertugas selama 24 jam,” terang Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Slamet Budiono di Makkah, Senin (5/6/2023).

Menurutnya, lima hari sejak kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah, para petugas Sektor Khusus telah diterjunkan untuk membantu jemaah. Ada yang membantu jemaah melaksanakan ibadah umrahnya, mengantar jemaah yang terpisah dari rombongan kembali ke hotel, hingga bersinergi dengan tim kesehatan dalam memberikan pertolongan pertama kepada jemaah yang membutuhkan.

“Petugas yang kami terjunkan bekerja selama 24 jam non stop. Kami minta para petugas siaga dalam membantu pelaksanaan ibadah jemaah selama di Masjidil Haram,” terang Slamet.

“Jemaah tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan para petugas. Sebab, ini memang sudah menjadi kewajiban semua petugas di tanah suci,” imbuhnya.

Slamet menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sembilan pos areal petugas Sektor Khusus Masjidil Haram, yaitu:
1. Pos 1 di Mataf
2. Pos 2 di Marwah (Mencakup area Safa dan Marwah)
3. Pos 3 di Babus Salam
4. Pos 4 di Sofa dan Marwah lantai dua (berjaga untuk pelayanan jemaah dengan kursi roda)
5. Pos 5 di Gate KAA
6. Pos 6 di Dar Tawhid
7. Pos 7 di Area Jarwal
8. Pos 8 di Area Bab Al Quds
9. Pos 9 di Syib Amir

Dikatakan Slamet, jemaah yang membutuhkan bantuan saat di Masjidil Haram, bisa mencari petugas yang menggunakan rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia. Jika sudah bertemu, jemaah dapat segera meminta bantuan kepada mereka sesuai kondisi yang dihadapinya.

“Petugas kita sebar di kawasan Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam lengkap dan siap membatu jemaah haji, kapan saja,” tandasnya.(red)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *