Press "Enter" to skip to content

BKSAP Apresiasi Proposal World Water Forum kepada DPR

Social Media Share

JAKARTA, NP- Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 tahun 2024. World Water Forum ke-10 akan dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 di Bali dengan mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Presiden World Water Council, H.E Loic Fauchon didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan proposal agenda tersebut kepada Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI.

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Presiden World Water Council, H.E Loic Fauchon dan Menteri Basuki Hadimuljono di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Usai pertemuan, Wakil ketua BKSAP DPR RI Putu Supada Rudana menjelaskan DPR RI menyambut penyelenggaraan World Water Forum ke-10. Secara khusus Putu Supadma mengaku bangga karena bangga karena Bali dipercaya tempat penyelenggaraan acara.

“Nah ini memang momentum yang baik. Ini mendorong dan teman-teman di Bali sudah melakukan aksi-aksi dan saya pikir ini momentum yang baik untuk Indonesia karena dipercaya menjadi tuan rumah tiga tahun sekali yang sebelumnya 2021 di Senegal,” ujar Putu Supadma.

Di tempat sama, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Basuki Hadimulyono dan Presiden H.E Loic Fauchon yang telah menyampaikan proposal kepada DPR RI untuk menjadi tuan rumah dari sisi parlemen.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Basuki Hadimulyono dan Presiden dari World Loic Fauchon yang telah menyampaikan proposal kepada DPR RI untuk menjadi tuan rumah dari sisi parlemen untuk menyelenggarakan atau menjadi host dari parlemen di seluruh dunia,” ujar Fadli.

Menurut Politisi dari Partai Gerindra ini, proposal yang disampaikan kepada DPR RI sangat baik. Karena selain pemerintah, kedudukan parlemen juga sangat penting di dalam pengambilan keputusan pembuatan regulasi. ” Dan untuk budget juga. Kami akan bekerja sama,” imbuhnya.

World Water Forum ke-10 dinilai Fadli menjadi kepentingan baik eksekutif dan legislatif, terutama utuk kepentingan masyarakat banyak. “Mudah mudahan kita bisa ikut mendorong menyukseskan perhelatan Water Forum di tahun 2024 pada bulan Mei ya di dunia yang tadi pak Basuki sampaikan akan dihadiri sekitar 30.000 orang,” ujar Fadli.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan forum tersebut terdiri dari tiga pilar. Yaitu satu tematik, kedua regional dan ketiga political.

Terkait pertemuan ini, Menteri Basuki mengatakan pihaknya melaporkan proposal kepada BKSAP DPR RI karena merasa perlemen juga memegang peran penting untuk suksesnya acara tersebut.

“Hari ini kami dari Water Council dan Komite Nasional untuk ‘World Water Forum 2024’ menghadap beliau Ketua BKSP Fadli Zon dan pak Putu untuk melaporkan akan dilakukannya kegiatan tersebut di Bali,” tegas Menteri Basuki.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *