Press "Enter" to skip to content

RSPAL dr.Ramelan Jadi Rumah Sakit TNI Pertama Lakukan Transplantasi Ginjal

Social Media Share

JAKARTA, NP – Setelah berhasil melaksanakan berbagai tindakan operasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan melewati rangkaian kegiatan termasuk syarat medis dan administratif, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerjasama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama di RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Selasa (20/02).

Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit type A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, menjadi Rumah Sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal. Momentum keberhasilan ini sebagai tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh Rumah Sakit Pusat TNI AL tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya secara daring menyampaikan bahwa rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut. “Oleh karena tu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri”, ungkap Kasal.

Legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo menyampaikan bahwa, pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya adalah suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga, serta masyarakat.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *