Press "Enter" to skip to content

Pasca Operasi Anglamil Personel KRI Amboina 503 Lakukan Rapid Test

Social Media Share

JAKARTA, NP – Personel KRI Amboina 503 melaksanakan pemeriksaan rapid test usai mendukung Satgas Operasi perbatasan Ambalat Tahun 2020, di Geladak Utama KRI Amboina yang sandar di Demaga Pelabuhan Semarang, beberapa saat yang lalu.
Pemeriksaan ini rutin dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus covid 19 yang masih terus mewabah.

Komandan KRI Amboina 503 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengatakan seluruh personelnya wajib untuk melakukan rapid test dengan tujuan mengantisipasi apabila terjadi penularan covid 19 disalah satu prajurit dapat segera diketahui dan bisa langsung dilaksanakan isolasi ke satuan kesehatan terdekat.

“KRI Amboina 503 baru saja mendukung Satgas Ambalat dan sesuai protokol kesehatan dan langkah antisipasi segera kami laksanakan pemeriksaan cepat dengan tim kesehatan dari Lanal Semarang” tutur Letkol Laut (P) Bambang Purnomo.

Prosedur kesehatan covid-19 dimulai pemeriksaan suhu badan dengan termogun, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, penyemprotan barang bawaan dengan cairan desinfektan dan rapid test bagi 71 orang personel KRI Amboina 503.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) telah menginstruksikan seluruh jajaran KRI untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan (rapid test) usai melaksanakan tugas operasi.

“Mulai embarkasi hingga debarkasi dan sandar agar personel unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil untuk melakukan rapid test. Apabila ada salah satu atau beberapa yang terindikasi harus segera diturunkan dan dikoordinasikan dengan satuan kesehatan setempat untuk dilakukan Swab. Komandan KRI agar tanggap dengan situasi dan kondisi anak buahnya” ujar Panglima Kolinlamil menegaskan.

KRI Teluk Amboina-503 merupakan salah satu kapal perang TNI AL jenis LST (Landing Ship Tank), dengan fungsi asasinya sebagai kapal pendarat tank serta pasukan pendarat berikut peralatan tempurnya dalam Operasi Amfibi maupun Operasi Pendaratan Administrasi.
Kapal ini dibangun di Sasebo Dock Yard Jepang. Dan diluncurkan Pada tanggal 17 Maret 1961, sedangkan Pelayaran menuju Indonesia pada tanggal 6 Juli 1961.

KRI Teluk Amboina dikukuhkan sebagai kapal perang RI pada tanggal 02 Agustus 1961, dan pada saat itu masuk dalam jajaran pembinaan Armada RI.

Pada tanggal 17 Sepember 1977 dialihbinakan kepada Komando Lintas Laut Militer, dan di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer Jakarta. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan