Press "Enter" to skip to content

Menparekraf Meminta Pengelola Destinasi Wisata Perkuat CHSE Hadapi Libur Lebaran

Social Media Share

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi HeHa Waterfall Cisarua, Senin (8/4/2024).(Foto:Ist)

KABUPATEN BOGOR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kembali menekankan agar pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk memperkuat penerapan unsur-unsur CHSE (_cleanliness, health, safety, environmental sustainability_) dalam upaya menghadirkan pariwisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan di momen mudik dan libur lebaran 2024.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga saat mengunjungi HeHa Waterfall Cisarua, Senin (8/4/2024), dalam rangkaian kunjungan kerjanya memantau kesiapan destinasi menghadapi libur lebaran 2024.

“Saya ingatkan agar pengelola destinasi wisata bersiap-siap karena akan ada kunjungan yang meningkat. Pastikan standar operasional prosedurnya ditaati, juga K3-nya, kesehatan, dan keselamatan kerjanya,” kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers, Selasa (9/4/2024).

Menparekraf berpesan agar pengelola destinasi mengantisipasi perubahan cuaca yang terjadi. Terutama destinasi yang mengusung tema wisata alam.

“Diperkirakan akan ada perubahan cuaca yang perlu kita antisipasi agar semuanya aman, jangan sampai nanti dengan kunjungan wisatawan yang meningkat malah menjadi kotor dan tidak terkelola sampahnya,” kata Sandiaga.

Sebelumnya Menparekraf juga telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan pada Saat Libur Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, Kota) dan seluruh pelaku usaha pariwisata.

Surat ini dapat direplikasi oleh seluruh Pemerintah Daerah untuk diedarkan di daerah masing-masing. Kemenparekraf akan berkoordinasi secara intensif dengan pihak-pihak terkait seperti Kemenhub, Kemenkes, Kepolisian, dan BASARNAS setempat.

Terkait destinasi HeHa Waterfall, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi kesiapan yang sudah dipersiapkan pengelola.

“Tadi kita melihat bagaimana persiapan memasuki (libur) lebaran, yang tentunya akan menjadi titik kunjungan sehingga destinasi ini perlu menyiapkan segala perlengkapan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk menyambut wisatawan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Sandiga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kabupaten Bogor, Asmawa Tosepu; Owner HeHa Waterfall, Handojo Mawardi; serta Kadisbudpar Kabupaten Bogor, Yudi Santoso.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf, S. Utari Widyastuti.(red)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *