Press "Enter" to skip to content

2024 IG Indonesia, Upaya Signifikan Kembangkan Industri Manufaktur dalam Negeri

Social Media Share

Para pembicara pada 2024 IG Indonesia di Swissotel, PIK Jakarta, yakni presiden CIGMA Frank Xu, presiden AGII Rachmat Harsono dll.(Liu)

JAKARTA, NP – 2024 Indonesia Exhibition on Gases Technology, Equipment and Applications atau IG Indonesia yang berlangsung di Swissotel, Pantai Indah Kapuk (PIK), 25 – 26 September lalu diyakini memberi manfaat untuk perkembangan industri manufaktur dalam negeri, dan upaya signifikan mencukupi kebutuhan gas industry dalam negeri sebesar 1,4 juta ton per tahun. IG Indonesia yang disponsori China IG Members Alliance (CIGMA), Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) dan lain sebagainya lebih mengedepankan gas untuk menunjang industri. Gas seperti Oksigen (O2), Nitrogen (N2) dan Argon (Ar) adalah bahan penting pada berbagai industri.

“O2 terutama dimanfaatkan untuk industri baja. N2 untuk petrokimia, dan Argon untuk welding. Argon dulunya juga banyak dimanfaatkan untuk bohlam lampu. Tapi sekarang, industri lampu sudah semakin banyak menggunakan LED ( light-emitting diode ),” kata Imam Syofwan dari Ace Gases Malaysia kepada redaksi, di Jakarta (26/9/2024).

Gas industri berbeda dengan gas alam, termasuk jenis dan kegunaan. Jenis-jenis sumber daya alam dengan perbedaannya, antara lain LNG, LPG. Selain, kegunaan gas alam untuk bahan bakar. Tetapi industri gas pada IG Indonesia memamerkan gas untuk menunjang industri. Terutama produsen gas industri China berskala multinasional, mendominasi IG Indonesia. Selain, ada beberapa pemain multinational dari India, Malaysia dan lain sebagainya. “Pemain lokalnya, Samator Group. Pemain multinational terutama dari

Salah satu pembicara pada conference IG Indonesia, Elan Biantoro/Sekjen /ASPERMIGAS (tengah) bersama para peserta pameran, produsen gas industri China.(red)

China, rata-rata punya fasilitas engineering center nya. China sangat merajai gas industry, sehingga potensial memasarkan ke Indonesia, India dan lain sebagainya. Sementara produsen gas dalam negeri yang aktif pada industri gas belum punya fasilitas engineering center. Ini tantangan juga untuk AGII,” kata Imam.

Di tempat yang sama, Husnimar dari PT Surya Biru Murni Acetylene (SBM) melihat direct benefit keikutsertaan pada IG Indonesia, terutama kesempatan bertanya langsung dengan para exhibitor China yang teknologi equipment (peralatan) gas sudah sangat maju. Selain, Husnimar juga mendapat referensi mengenai penggunaan gas industri untuk pembangkit listrik dan lain sebagainya. “IG Indonesia, ada conference dan pameran. Kami bisa melihat langsung equipment untuk SBM sebagai penyedia jasa dan manufaktur gas. Karena teknologi peralatan (gas industri) tidak ada di Indonesia, hanya ada di China, India dan Eropa,” kata Husnimar.

Sejumlah produsen gas dari China yang ikut dalam pameran tersebut, yakni dari Sichuan, Hangzhou, Xinxiang, Shenzhen dan lain sebagainya. Bahkan booth Zhejiang Jinhua Air Separation Equipment menempatkan mock up (replica) plant. Desain awal sampai pada produksi, instalasi dan proses commissioning bisa dipelajari melalui tampilan mock up pabrik Zhejiang Jinhua. Teknologi peralatan gas Zhejiang juga sudah masuk pasar negara-negara di Timur Tengah, antara lain Iran, Irak. “Kami bisa berinteraksi langsung dengan produsen. Selain, peralatan yang ditampilkan sangat variatif, mulai dari yang terkecil, seperti valve, tabung sampai pada peralatan produksi gas, liquid. Kebetulan pabrik kami (SBM) juga, sebagian besar menggunakan equipment dari China,” kata Husnimar.

Salah satu booth peserta pameran & conference IG Indonesia, yakni Zhejiang Jinhua Air Separation Equipment (peralatan untuk gas industri).(red)

Sementara itu, All India Industrial Gases Manufacturers’ Association (AIIGMA) juga menyampaikan apresiasi terhadap panitia terutama CIGMA dan AGII yang berhasil menyelenggarakan IG Indonesia. selama dua hari conference dan pameran, para peserta dari AIIGMA berkesempatan bertukar pikiran, ide, pengalaman untuk kian memajukan gas industrinya. Pameran juga memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk berinteraksi dengan industri gas dan penunjangnya di Indonesia. “Terima kasih kami ucapkan kepada Mr. Frank Xu (Presiden CIGMA) yang selama 20 tahun konsisten menyelenggarakan acara seperti IG Indonesia. AIIGMA juga sangat terbantu, sehingga rutin menghadiri event yang sama di negara-negara lain,” kata presiden AIIGMA, Saket Tiku.

Hal yang sama juga diutarakan Husnimar, yakni ada kesempatan membangun networking dengan para pelaku usaha gas industry dalam dan luar negeri. Ia juga mengaku sempat temu dengan pemain yang sudah senior, yakni Imam Syofwan. Bahkan, pada usianya yang sudah tidak muda lain, Imam masih direkrut perusahaan Malaysia (Ace Gases Sdn Bhd). “Beliau sangat menguasai, terutama special gas industri dan liquid. Sementara saya baru masih sangat junior, baru 10 tahun bergelut pada bisnis gas. Pengalaman pak Imam sudah lebih dari 30 tahun, bukan hanya gas industri tapi juga industri terkait seperti baja, perminyakan. Saya dan rekan saya yang lain mau konsultasi by phone dengan pak Imam. Karena selesai IG Indonesia, kami harus kembali ke kota Balikpapan Kalimantan Timur (kantor dan pabrik SBM),” ucap Husnimar yang diamini rekannya dari SBM, Rahadian Firdaus.(Liu)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *