Press "Enter" to skip to content

Warga Mabesau Peringati Hari Lahir Pancasila

Social Media Share

JAKARTA, NP – Warga Mabesau memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dalam sebuah upacara militer, dengan Inspektur Upacara (Irup) Asisten Personel (Aspers) Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Anastasius Sumadi, di lapangan apel Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Upacara yang diikuti seluruh warga Mabesau, baik militer (termasuk Perwira Tinggi) maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, diisi dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Keputusan Presiden tentang penetapan hari lahir Pancasila.

Pelaksana Tugas (PLT) Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono dalam amanat tertulis yang dibacakan Aspers Kasau dikutip dari laman Dispenau, mengatakan, keberagaman kultural yang ada di Indonesia harus dikelola dan dikembangkan agar menjadi tamansari kebudayaan yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai ekosistem yang sehat.

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman Pancasila sebagai instrumen untuk saling menghormati, bekerjasama, gotong royong dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Kita bisa bersatu membangun bangsa untuk mereslisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakuran dan makmur dalam keadilan, karena kita Indonesia, kita Pancasila” jelas Hariyono.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila, Hariyono mengajak agar Pancasila dijadikan sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(pen)

 

Baca Juga  Cegah Kemelut, Prambos Minta KPU Stop Quick Count di TV