Press "Enter" to skip to content

Unhan Gelar Seminar IIDSS, Menhan: Penting Samakan Pandangan Hadapi Tantangan Stabilitas Keamanan

Social Media Share

Menhan Ryamizad Ryachudu (tengah) didampingi Rektor Unhan Letjen TNI. Tri Legionosuko. (kiri). (red)

JAKARTA, NP –  Universitas Pertahanan (Unhan) menggelar seminar Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS) 2019 yang dibuka langsung oleh Menhan Ryamizad Ryachudu dan didampingi Rektor Unhan Letjen TNI . Tri Legionosuko.

“Saya memandang IIDSS ini adalah forum penting menjalin komunikasi antar negara kawasan untuk mencari kesamaan pandangan menghadapi tantangan stabilitas keamanan,”kata  Menhan yang juga sebagai keynote speaker.

Menhan  menegaskan, sesuai dengan tema IIDSS 2019,  yaitu meningkatkan kerjasama pertahanan dalam menghadapi ancaman terorisme, siber dan bencana alam.

“Kebijakan pertahanan Indonesia sudah jelas, yakni diarahkan untuk membangun pertahanan yang tangguh guna menangkal berbagai ancaman dan memiliki posisi tawar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI,”jelas Menhan.

Menhan menegaskan, pembangunan pertahanan dilakukan secara terpadu baik dari sisi militer maupun non-militer melalui kebijakan sistem pertahanan.

Sementara itu Rektor Unhan Letjen TNI. Tri Legionosuko, menegaskan bahwa seminar ini nantinya akan memberikan konsep konsep baru tentang permasalahan kawasan seperti terorisme, bencana alam dan sebagainya.

“Kita berharap ada perbaikan konsep ide ide baru tentang penanggulanan aksi aksi teroris dan bencana alam, terlebih negara kita rawan terhadap bencana,” jelas Rektor.

Menurut dia, perubahan konsep konsep tersebut nantinya akan diramu, sehingga dapat memperkuat decision maker, mendukung stabilitas keamanan kawasan.

Seminar yang dihadiri para pakar akademisi pertahanan 14 negara dari Eropa, Amerika dan Asia ini rencanannya akan berlangsung selama dua hari (8-9).  Hari pertama seminar  dilangsungkan di Hotel Borobudur Jakarta, dan hari kedua di Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan, Kawasan IPSC Sentul Bogor.

Adapun tema yang diangkat IIDSS kali ini adalah meningkatkan kerjasama pertahanan dalam menghadapi ancaman terorisme, siber dan bencana alam. (red)

Baca Juga  Pelepasan Kapal Perang Amerika “USS Blue Ridge” LCC-19