Press "Enter" to skip to content

Sidang Wanbangopstik – LXXV/2019 Resmi Ditutup

Social Media Share

JAKARTA, NP – Setelah melaksanakan mekanisme diskusi, paparan dan jawab selama 2 hari dari tangga 18 sampai dengan 19 Nopember 2019, akhirnya sidang Wanbangopstik ke-75 TNI AL 2019 resmi ditutup.

Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si., mewakili Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., secara resmi menutup sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI AL Angkatan ke-75 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Loung Room Perwira Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal), Jl. Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (19/11).

Hasil dari sidang Wanbangopstik-75 Tahun 2019 ini adalah 6 konsep petunjuk induk penyelenggaraan, antara lain, Petunjuk Penyelenggaraan Operasi Salvage TNI AL, Petunjuk Penyelenggaraan Pelatihan Operasional Koarmada oleh Mobile Training Team (MTT), Petunjuk Penyelenggaraan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi, Petunjuk Referensi Pengerahan Satuan Korps Marinir Dalam Operasi Membantu Menanggulangi Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan, Petunjuk Referensif Penilaian Latihan Puncak TNI Angkatan Laut “Armada Jaya” dan Petunjuk Penyelenggaraan Latihan Bersama TNI Angkatan Laut.

Konsep tersebut selanjutnya akan dirumuskan oleh Tim perumus masing-masing materi dan akan diselesaikan dalam waktu dua minggu setelah sidang ditutup, yaitu paling lambat hari Rabu, tanggal 4 Desember 2019 hasilnya sudah diserahkan kepada Pushidrosal selaku Penyelenggara yang kemudian diteruskan ke Mabesal.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kadisopslatal, Asops Kasal mengatakan bahwa paparan-paparan dari kotama-kotama TNI AL yang membahas buku petunjuk penyelenggaraan operasi tiap-tiap kotama, selanjutnya akan ditanggapi oleh peserta melalui forum diskusi imteraktif. Sejalan dengan visi TNI Angkatan Laut yang bertekad untuk membangun TNI AL yang professional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global, maka kegiatan wanbangopstik ini akan terus dilaksanakan guna membahas materi-materi yang menitik beratkan pada pengembangan doktrin operasi dan taktik sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan startegis dan kondisi alutsista yang kita miliki.

Baca Juga  Upacara Bendera 17 - an, Pangkoarmada I Berikan Arahan kepada Prajurit, PNS Mako Lantamal III

Review dan updating perangkat lunak sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AL sekarang dan yang akan datang, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang terus berkembang. Ujarnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Asops Kasal juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. beserta jajarannya selaku penyelenggara kegiatan sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar sesuai rencana. Dan kepada seluruh peserta dan nara sumber atas upaya dedikasi yang diberikan berupa saran masukan dan sumbangan pemikiran berdasarkan pengalaman dilapangan dan wawasan lain bagi tersusunnya naskah-naskah yang telah dibahas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi selaku Ketua Sidang, dan sejumlah pejabat-pejabat Kotama diantaranya Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, Dirdiklat Laksamana Pertama TNI Deny Septiana, dan Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Avando. (rls)