Press "Enter" to skip to content

Satgas Indobatt Juara Umum UNIFIL ICSC 2019 di Lebanon

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Untuk kesekian kalinya, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt Kontingen Garuda (Konga) XXII/UNIFIL menorehkan prestasi membanggakan, setelah berhasil menjadi juara umum UNIFIL Inter Contingent Shooting Competition (ICSC 2019) di Lebanon.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TNI Konga XXIII-M/UNIFIL, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, dalam rilis tertulisnya di Lebanon Selatan, Selasa (17/9/2019)

Diungkapkan Dansatgas, dalam kejuaraan menembak yang berlangsung di lapangan tembak Ebel El Saqi Firing Range Lebanon, dibagi ke dalam dua kategori yaitu lomba menembak pistol dan senapan laras panjang.

“Pada kejuaraan lomba tembak ini diikuti oleh beberapa negara diantaranya India, China, Republik Korea, Ghana, Spanyol, Nepal, Austria dan Indonesia,” ungkap Arfa.

Pada lomba menembak senapan tim Indobatt yang berjumlah lima orang dengan menggunakan senjata produksi dalam negeri SS2 V4 buatan PT. Pindad Persero, berhasil meraih juara satu dalam kategori menembak senapan jarak 100 meter dengan tiga sikap.

“Tim yang diwakili oleh Kopda Tri Atmoko, Kopda Mar Juniper, Praka Rudianto, Pratu Syamsuriadi dan Pratu Rizky, berhasil meraih point 587, dimana Pratu Syamsuriadi berhasil meraih point tertinggi yang menjadikannya sebagai penembak senapan terbaik,” terang Arfa.

Selanjutnya pada kategori menembak pistol, tiga orang Tim Penembak dari Indobatt yaitu Mayor Inf David Jihandika, Serka (K) Ririn dan Praka Arif Gunawan Siregar, berhasil meraih point 224, dimana dalam kategori ini Mayor Inf David Jihandika dengan menggunakan pistol G2 Combat yang juga merupakan produksi dalam negeri Indonesia memastikannya sebagai petembak pistol terbaik.

“Dengan pencapain tersebut memastikan Tim Petembak Satgas TNI Konga XXIII-M/UNIFIL sebagai juara umum,” sambungnya.

Untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada para petembak yang telah berhasil meraih prestasi terbaiknya, Komandan Sector Timur UNIFIL Brigadier General Rafael Colomer Martinez Del Peral dengan didampingi Komandan Kontingen India Colonel Jeevan sebagai ketua umum dalam kejuaraan tersebut, memberikan medali dan piala kepada para juara.

Baca Juga  Panglima TNI : Prajurit di Perbatasan Harus Menyatu dengan Rakyat

“Prestasi ini dapat diraih dengan latihan secara maksimal, dengan memanfaatkan waktu di sela-sela kesibukan dalam menjalankan tugas pokok dengan memanfaatkan waktu istirahat, namun demikian tentunya hasil terbaik harus bisa diraih,” tutur Arfa.

Hingga saat ini Satgas TNI Konga XXIII-M/UNIFIL telah berhasil meraih tiga kecabangan lomba sebagai juara umum dalam setiap kompetisi yang diselenggarakan UNIFIL.

“Untuk itu kepada seluruh prajurit pertahankan yang sudah baik dan terus berjuang untuk meraih prestasi terbaik selanjutnya demi mengharumkan nama baik bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya.

Pada tradisi penyambutan, para juara menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada seluruh Tim petembak dan pelatih pimpinan Kapten Mar Uju Junaedi, yang telah berhasil menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam melatih personel Tim Petembak, guna mempertahankan nama baik bangsa Indonesia dimata dunia internasional. (Pen)