Press "Enter" to skip to content

Pushidrosal Gelar Geladi Lapangan Latsurta Hidros 2019

Social Media Share

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI  Harjo Susmoro,  selaku Dirlat melepas unsur  Geladi Lapangan Latsurta Hidros TA. 2019.(ist)

JAKARTA, NP – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Geladi Lapangan Latihan Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Latsurta Hidros) tahun 2019.

Unsur yang akan melaksanakan Geladi Lapangan tersebut dilepas oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H selaku Dirlat dalam suatu upacara bertempat di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/10/2019).

Dalam amanatnya, Kapushidrosal antara lain mengatakan bahwa Latsurta Hidros pada hakikatnya adlah untuk melatih ketrampilan prajurit dan kesiapsiagaan unsur Pushidrosal pada setiap kegiatan di laut, dan melaksanakan perintah survey secara mendadak untuk mengambil data hidrografi yang dibutuhkan, baik dalam mendukung kepentingan TNI AL/TNI maupun untuk kepentingan pemerintah.

“Latsurta Hidros merupakan gambaran nyata Pushidrosal dalam menjalankan tugas pokoknya melaksanakan survey dan pemetaan di perairan Indonesia, terutama yang berkaitan dengan masalah keselamatan pelayaran sesuai yang diamanahkan oleh TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.” Kata Kapushidrosal.

Orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut menekankan, selama pelaksanaan Geladi Lapangan agar meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan keselamatan personel dan material untuk mencapai zero accident.

Latsurta Hidros TA. 2019 yang bertema “Pushidrosal Menyelenggarakan Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi TA. 2019 di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta Dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” ini, dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap Geladi Posko dan Geladi Lapangan.

Tahap Geladi Lapangan dilaksanakan selama lima hari tanggal 21-25 Oktober 2019 dengan mengambil lokasi di perairan Teluk Jakarta. Kegiatan ini melibatkan Unit Survei Pesisir, KAL VEGA dan KRI Rigel-933 yang akan melaksanakan kegiatan Operasi survei dan pemetaan yang meliputi hidrografi, oseanografi, meteorologi dan geografi maritim. (rls)

Baca Juga  Mabes TNI Bentuk Tim Bantuan Hukum untuk Kivlan Zen