Press "Enter" to skip to content

Penyerahan Dua Unit KAL 28 M Semakin Perkuat Jajaran TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP– Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M. Kedua kapal tersebut diserahkan dari Direktur PT Steadfast Marine Tbk, Rudi Logam kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo, yang selanjutnya diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.Si (Han)., di Dermaga Jeruju, Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat. Senin (16/12). Kehadiran kedua kapal tersebut semakin memperkuat jajaran TNI AL khususnya untuk patroli perairan pedalaman dan pelabuhan.

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan bahwa pemerintah dalam memajukan industri dalam negeri telah menyertakan industri pertahanan nasional. Hal ini tidak saja mendorong roda perekonomian dalam negeri, namun juga menjadi pilar kokoh kemandirian industri pertahanan Indonesia di masa mendatang. TNI Angkatan Laut pada tahun 2019 telah melakukan kontrak dengan galangan kapal PT. Steadfast Marine Tbk, untuk pengadaan dua unit KAL 28 Meter lengkap dengan persenjataannya.

Lebih lanjut ditegaskan Kasal bahwa wujud nyata kontribusi TNI Angkatan Laut untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengembangkan kapasitas dan kemampuan industri galangan kapal nasional, mengacu pada kebutuhan operasional TNI Angkatan Laut. “Kedua kapal tersebut akan dioperasikan sebagai kapal patroli guna melaksanakan fungsi dan tugas patroli keamanan laut terbatas wilayah yurisdiksi nasional Indonesia, khususnya untuk mengamankan perairan pedalaman dan pelabuhan”, tegas Kasal.

Perkuat Jajaran TNI AL.(ist)

Kedua unit KAL 28 M ini memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, dengan berat 90 ton. Kapal ini menggunakan mesin diesel generator 2x Perkins PDM 63 dan diesel generator darurat 1x Perkins PDM TGM 422 dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knots serta kecepatan jelajah 18 knots. Mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari, serta diawaki 15 orang personel.

Baca Juga  KRI Banda Aceh 593 Laksanakan Latihan VBSS

Kapal ini juga dilengkapi persenjataan Senapan Mesin Berat (SMB) berkaliber 20 mm dan 12,7 mm.

Setelah acara serah terima KAL 28 M, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., beserta pejabat terkait berkesempatan melaksanakan peninjauan langsung ke kapal serta dilanjutkan dengan peninjauan ke Markas Komando (Mako) Lantamal XII, Jeruju, Pontianak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han)., Waasrena Kasal Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., para Kadis Mabesal, Komandan Lantamal XII Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi, dan Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.E.(Pen)