Press "Enter" to skip to content

Pangkoarmada I Pimpin Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal I

Social Media Share

BELAWAN, NP – Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,  bertindak selaku Inspektur Upacara Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Pakta Integritas Serah Terima Jabatan Danlantamal I dari Laksamana Pertama Ali Triswanto, , kepada Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K. bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I Belawan, Medan, Jumat (5/7).

Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto,  selanjutnya akan menjabat sebagai Kadisopslatal Mabesal yang sehari sebelumnya sudah diserahterimakan di Mabesal Jakarta.

Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, Danlantamal I yang baru merupakan putera kelahiran Kabupaten Sanjai pada 54 tahun silam ini lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 tahun 1988, telah menempuh berbagai macam pendidikan, antara lain Seskoal Angkatan 39 TA.2001, Dikreg Sesko TNI Angkatan 38 TA. 2011 dan Lemhanas RI (PPRA) Angkatan 52 Tahun 2014. Penugasan yang sebagian besar di bidang operasi, di antaranya, sebagai Komandan sejumlah KRI di Wilayah Komando Armada I dan II. Meliputi KRI Teuku Umar-385, KRI Pulau Rangsang-727 dan KRI Teluk Celukan Bawang-532.

Pangkoarmada I dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak maju agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik. Pergantian pejabat bermakna sebagai wujud kepercayaan dari Pemimpin TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada perwira terpilih. Disamping itu, serah terima jabatan juga merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi.

Sebagai komando pelaksana dalam menyelenggarakn operasi dukungan logistik dan administrasi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, melakuka pembinaan potensi maritime menjadi kekuatan pertahanan kemanan negara di bidang maritime serta tugas lain sesuai kebijakan KASAL. Lantamal I berada dikawasan yang sangat strategis, wilayah kerja dan tanggungjawabnya di selat Malaka yang merupakan choke point urat nadi pelayaran dunia yaitu sea lines of trade dan sea lines of communication. Hal ini merupakan tantagan tersendiri bagi pemegang komandado di Lantamal I, kerjasama dengan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah kerja Lantamal I, seperti India, Thailand dan Malaysia juga sangat penting untuk mewujudkan stabilitas di Kawasan dan memberikan jaminan rasa aman di selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran terpadat di dunia tersebut.

Baca Juga  Jadwal Ulang Sidang Sofyan: KPK Butuh Waktu Empat Minggu

Dalam penjelasannya Panglima Koarmada I menyampaikan bahwa keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas dan keamanan di selat Malaka adalah mampu menjamin keamanan dan mewujudkan stabilitas yang bisa langsung dirasakan oleh pengguna jalur pelayaran tersebut, bahwa dalam tiga tahun terakhir angka tindak kejahatan seperti pencurian barang barang di kapal, atau niatan untuk melakukan pelanggaran dan kejahatan tersebut mampu ditekan sampai dengan angka nol sampai pada hari ini. Artinya Indonesia dalam hal ini TNI AL beserta dengan negara negara di kawasan selat Malaka, mampu bekerja sama mengamankan selat Malaka.

Pada kesempatan ini Pangkoarmada I meluangkan waktu untuk bertatap muka langsung dengan seluruh komandan Lanal, KRI, Kepala Satuan kerja jajaran dan seluruh prajurit Lantamal I untuk memberikan perhatian dan motifasi kepada seluruh personel untuk tetap semangat dan berada dalam norma-norma keprajuritan yang benar, memegang teguh sumpah prajurit dan tidak melakukan pelanggaran atau bahkan kejahatan yang disengaja yang menentang aturan.

Ditekankan bahwa jika ada personel yang melakukan pelanggaran, siapapun juga berkewajiban dan tidak boleh takut untuk melaporkan perbuatannya tersebut, Panglima Koarmada I akan memberikan penghargaan terhadap pelapor. Kepada seluruh Prajurit Lantamal I, Pangkoarmada I menginstruksikan untuk mendukung sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas Komandan Lantamal I yang baru, dan laksanakan tugas dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab.

Upacara yang juga dihadiri Pangdam I/BB, Para Danlantamal Armada I, Danguspurla Koarmada I, Wakapoldasu, Kabindasu, Pangkosekhanudnas III, Danlanud Soewondo Medan, serta jajaran TNI/Polri Wilayah Sumatera Utara serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal I berlangsung khidmat dan lancar.(Pen)