Press "Enter" to skip to content

Pangkoarmada I Kukuhkan Jabatan Kadislambair Koarmada I

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengukuhkan Jabatan Kepala Dinas Peyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I kepada Kolonel Laut (T) Agung Setiawan dalam suatu upacara pengukuhan yang dilaksanakan di Mako Koarmada I Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Pangkoarmada I dalam amanatnya mengatakan, penyelenggaraan operasi penyelamatan bawah air dalam tugas ship diver, salvage diver dan demolition diver memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan operasional di TNI Angkatan Laut. Dengan luas perairan Indonesia dan banyaknya kecelakaan transportasi di laut, menempatkan pentingnya peranan penyelamatan laut bukan hanya untuk kepentingan militer, namun sangat dibutuhkan untuk kepentingan nasional dan internasional.

Lebih lanjut Pangkoarmada I menyampaikan, apresiasi positif terhadap pelaksanaan operasi SAR pesawat Air Asia dan Lion Air beberapa waktu lalu, telah memberikan dampak signifikan terhadap kepercayaan akan kemampuan dan profesionalisme prajurit Dislambair Koarmada I di mata rakyat Indonesia. Oleh karena itu, profesionalisme dan kemampuan Dislambair perlu dijaga dan ditingkatkan.

Mengakhiri amanatnya, Pangkoarmada I memberikan beberapa arahan kepada pejabat baru untuk dipedomani antara lain, agar membina serta memimpin Dislambair dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut; Pahami dan laksanakan perintah harian Pangkoarmada I sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari; Laksanakan tugas secara profesional dan proporsional dengan prioritas yang tepat serta utamakan keselamatan personel demi tercapainya zero accident serta laksanakan pembinaan personel secara bertahap, berlanjut dan bertingkat agar tercipta prajurit matra laut yang handal dan disegani.

Hadir dalam upacara tersebut, Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI T.S.N.B Hutabarat, M.M.S., Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana TNI Irvansyah, S.H., Komandan Lantamal III Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E.,M.M., para pejabat utama Koarmada I, komandan satuan dan komandan KRI jajaran Koarmada I.(pen)

Baca Juga  Panglima TNI Sematkan Bintang Swa Bhuana Paksa Utama Kepada Mantan Kasau Singapura