Press "Enter" to skip to content

Latopsdukinfo Aspek Penerangan Tingkatkan Taktik, Teknik dan Prosedur Operasi di Lingkungan TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dukungan informasi aspek penerangan, maupun dalam meningkatkan taktik, teknik dan prosedur operasi di lingkungan TNI Angkatan Laut, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) menggelar Latihan Operasi Dukungan Informasi (Latopsdukinfo) Aspek Penerangan TNI Angkatan Laut TA 2019 yang dibuka oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., di Gedung Dispenal B4 Lantai 1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/11).

Kegiatan yang akan berlangsung selama satu minggu hingga 8 November 2019 mendatang ini, mengusung tema “Dinas Penerangan Angkatan Laut Melaksanakan Latihan Operasi Dukungan Informasi Aspek Penerangan TA 2019 di Wilayah Jakarta dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”. Kegiatan ini diikuti 50 peserta dari Dispen Koarmada I,II, III, Dispen Kolinlamil, Dispen Kodiklatal, Dispen AAL, Dispen Kormar, Dispen Seskoal, Dispen Lantamal III, Dispen Lantamal V, STTAL, Pushidrosal dan Pabandya Pasmar.

Adapun sasaran dari Latopsduk Informasi aspek Penerangan ini yaitu agar pelaku latihan menguasai dan mahir dalam penyusunan press kit, press release, dan melaksanakan press conference; mampu memublikasikan informasi dalam membentuk opini positif atau konter opini melalui media massa (cetak, elektronik) serta media sosial yang ditujukan untuk internal TNI dan publik; mampu menciptakan kerja sama antar personel penerangan TNI AL untuk memperoleh kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam operasi aspek penerangan.

Sementara itu Kadispenal selaku Direktur Latihan (Dirlat) saat menyampaikan briefing latihan antara lain mengatakan bahwa titik berat dari latihan ini adalah pemahaman terhadap dukungan informasi aspek penerangan untuk menunjang tercapainya tugas pokok Dispenal dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut serta tugas pokok TNI dalam bidang penerangan. “Latopsduk Informasi ini, sebenarnya merupakan latihan gabungan, yang merupakan bagian dari Komando Gabungan (Kogab) TNI yang terdiri dari tujuh Kogasgab Utama yaitu Kogasudgab, Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgab Linud, Kogasgab Ratmin, Kogasgabrat, Kogasgab Hantai dan Satu Kogasgab Dukungan.”, ujarnya.

Baca Juga  Dukung Tol Laut KTI, Pushidrosal Mutakhirkan Data Alur dan Pelabuhan Bungkutoko

Satgasduk Informasi adalah salah satu satuan tugas (satgas) dari lima belas satgasduk di bawah Komando Pangkogasgabduk yang terdiri dari tujuh Unsur Tugas (UT) yakni UT Intelijen, UT. Penerangan, UT. Psikologi, UT. Hukum, UT. Siber, UT. Infolahta dan UT. Komlek, di mana dari ketujuh unsur tersebut saling bekerja sama dan berkolaborasi di bawah tanggung jawab Dansatgasduk informasi.

Pada kesempatan itu Kadispenal juga berharap agar latihan yang dilaksanakan setahun sekali ini, dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan mengikuti skenario latihan yang telah disiapkan penyelenggara di mana skenario latihan operasi penerangan ini dibuat dalam tiga pembabakan waktu yakni operasi pada masa sebelum, selama dan sesudah perang. “Para pelaku agar mampu dan selalu siap dalam melaksanakan operasi dukungan aspek penerangan dihadapkan dalam operasi yang sesungguhnya,” jelas Kadispenal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Mar Prasodjo perwakilan dari Sahli Kasal, Sekdispenal, para Kasubdis di lingkungan Dispenal, perwakilan Labpamsisjar, tim penilai, tim peninjau, dan tim evaluasi serta para Kadispen Kotama.(Pen)