Press "Enter" to skip to content

Latihan Yustisial Ta. 2019, Tegakkan Keamanan Wilayah Laut Nasional

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dinas Hukum (Diskum) Lantamal III Jakarta menyelenggarakan Latihan Yustisial TA 2019 di kantor Satrol Lantamal III, pada hari Senin (25/11/19).

Asisten Operasi Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Hari Wijajanto dalam amanatnya yang dibacakan Dansatrol Lantamal III Jakarta mengatakan bahwa Lantamal III mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan perairan kawasan barat dari selat sunda sampai perairan Bangka Belitung, dimana  daerah tersebut sangat strategis, mempunyai potensi sumber daya alam yang tinggi dan berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1, yang memerlukan pengawasan yang lebih intensif dan sinergis, tentunya banyak masalah seperti perompakan, penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan baby lobster, pencurian benda cagar budaya dan ancaman lainnya yang berkaitan dengan penegakan hukum di laut.

Diharapkan dari latihan Yustisial ini, adalah: Mampu meningkatkan profesionalisme prajurit Lantamal III, dalam proses Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan untuk mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum di Laut. Juga diharapkan peserta memahami tentang aturan hukum, dan perundang-undangan terbaru yang berkaitan dengan keamanan laut baik hukum Nasional dan hukum Internasional. Selain itu nantinya peserta dapat lebih memahami proses penyelidikan dan pemberkasan tindak pidana di laut., serta terlaksananya pola pikir dan pola tindak yang sama dalam menangani berbagai bentuk tindak pidana di laut sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku.

Hadir dalam kegiatan ini, Kadiskum Lantamal III Jakarta Letkol Laut (KH/W) Nentin Feriyanti ,S.H.,M.Tr.Hanla., dan prajurit Lantamal III Jakarta.(Pen)

 

Baca Juga  Gubernur AAU Terima Penyerahan Jabatan Kadepaero