Press "Enter" to skip to content

KRI Usman Harun 359 Laksanakan Latihan Bersama Samudera Sakti 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Koarmada I berangkatkan KRI Usman Harun-359 untuk melaksanakan Latihan Bersama TNI AL dengan Angkatan Laut India yang akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan November di Visakaphatnam India. Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Himawan selaku Komandan Satuan Tugas Latihan Bersama (Latma) Samudera Sakti 2019 sebelum bertolak menuju Visakaphatnam India melaksanakan pengecekan dan kelengkapan personel di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/10/2019).

KRI Usman Harun-359 akan berlayar menuju Visakaphatnam India dan sebelumnya akan singgah di Lantamal I Belawan, dan dijadwalkan akan tiba di Visakaphatnam pada tanggal 4 November 2019.

Tujuan Latihan Bersama ini adalah meningkatkan kerjasama Angkatan Laut kedua negara dengan sasarannya adalah peningkatan latihan operasi maritim yang terkoordinasi serta mempererat hubungan antar personel kedua belah pihak.

Latihan ini dilatarbelakangi dengan adanya kepentingan bersama antar negara bertetangga yang berbatasan laut langsung untuk menjaga stabilitas keamanan laut di perbatasan yang selama ini secara rutin telah dilaksanakan patroli terkoordinasi India-Indonesia Coordinated Patrol (Indindo Corpat) dan kesepakatan pada tingkat pimpinan yang tertuang dalam Navy To Navy Talk (NTNT) yang digelar dan dievaluasi setiap tahun secara bergantian dan reciprocal.

Komandan Satgas menyampaikan “Latihan Bersama Samudera Sakti 2019 akan dilaksanakan 2 phase yaitu phase darat, dimana kita akan merencanakan latihan operasi dan selanjutnya akan dilaksanakan phase laut, yang tentunya dengan maneuver yaitu KRI Usman Harun-359 dan INS Kadmat-P29, dengan area latihan di perairan timur India teluk Benggala”.

Dril latihan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah Joint Manoeuvres, Surface Warfare exercises, Anti Submarine Warfare (ASW) Exercises and Anti-Piracy Exercises.

“Latihan Bersama Samudera Sakti sangat penting untuk memperkuat hubungan diuplomasi militer Indonesia dengan India dan Counter Building Measure” pungkasnya.(Pen)

Baca Juga  Kasal Terbang dengan Sukhoi 30 MK2 Flanker TNI AU