Press "Enter" to skip to content

KRI Semarang-594 Siap Bantu Pemerintah Hadapi Bencana Alam

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kapal perang rumah sakit terbaru milik TNI AL, KRI Semarang-594 tiba di Dermaga 203 Tanjung Priok, Jumat, (15/3/2019). KRI Semarang-594 akan memperkuat unsur Satfib Koarmada I. Kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang dirancang khusus untuk membantu mengatasi masalah kebencanaan.

Panglima Komando Armada (Koarmada) I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono berharap dengan masuknya KRI Semarang 594, akan menambah kekuatan Armada I dalam mengantisipasi masalah bencana.

“Kita sudah memiliki kapal sendiri, sehingga sewaktu-waktu siap digerakan untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana. Kapal ini dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang 80 persen serupa dengan rumah sakit di darat,”ujar Pangkoarmada I.

KRI Semarang 594 adalah kapal ke- 51 di jajaran Koarmada I . Selain dilengkapi dengan peralatan medis, kapal ini juga bisa mengangkut 730 personil,yang terdiri pasukan, maupun para medis. Jumlah tersebut non ABK.
“Kapal ini sudah siap dioperasionakan. Kapal ini juga bisa mengangkut pasukan ke daerah untuk bantuan dan memiliki kemampaun maneuver dan sudah kita uji melalui pelayaran selama tiga hari dari Surabaya ke Jakarta, Rabu (13/3/2019) hingga Jumat (15/3/2019),”ungkap Pangkoarmada I.

KRI Semarang-594 mampu berlayar hingga 30 hari dengan kecepatan maksimal 16 knot. KRI Semarang-594 nantinya akan memperkuat Unsur Satfib Koarmada I, dimana KRI Semarang-594 sudah diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji pada tanggal 21 Februari 2019 di Galangan Kapal PT. PAL di Dermaja Ujung, Koarmada II Surabaya.

“Ke depan, KRI Semarang-594 akan difokuskan untuk misi pengiriman bantuan ataupun pengiriman personel ke daerah-daerah bencana,”pungkas Pangkoarmada I.

Sebagai informasi Koarmada I juga menggelar Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) dengan titik pelaksanaan Pangkalan Surabaya, Perairan Laut Jawa, dan Pangkalan Jakarta.

Baca Juga  SMART Siap Menangkan Airlangga Hartarto Sebagai Ketum Golkar

Latihan dilakukan seiring dengan uji coba KRI Semarang-594 dalam pelayaran selama tiga hari belakangan dengan 10 unsur Koarmada lainnya.
Glagaspur bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme Prajurit Koarmada I dan mengukur kesiapan serta kemampuan tempur unsur-unsur Koarmada I sesuai fungsi asasinya.

Sasaran Glagaspur sendiri salah satunya adalah Tingkatkan kemampuan prajurit baik taktis, teknis di bidang peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti kapal selam, peperangan anti udara, peperangan ranjau dan lawan sabotase bawah air.(foto:ist)

Comments are closed.