Press "Enter" to skip to content

Koarmada I Gelar Upacara Peringatan Hari Armada Tahun 2019 Secara Sederhana

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka memperingati Hari Armada RI tanggal 5 Desember Tahun 2019 dengan tema “Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan”, dilaksanakan Upacara Parade dan Defile di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., Kamis (5/12/2019).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa peringatan sejarah Hari Armada pada hakikatnya tidak dimaknai hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, tetapi Hari Armada RI memiliki banyak arti penting bagi segenap prajurit Komando Armada RI. Momen ini harus dimaknai sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Komando Armada RI masih mendapatkan kepercayaan rakyat Indonesia dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. Kepecayaan rakyat dan negara harus bisa diemban oleh Komando Armada dengan baik, untuk itu Komando Armada RI harus mampu mengantisipasi perkembangan strategis global sebagai dampak perkembangan teknologi modern.

“Dalam menjawab semua tantangan yang semakin dinamis, TNI AL perlu membangun postur yang kuat, profesional dan modern. Pembangunan dilaksanakan melalui validasi organisasi, salah satunya adalah telah disetujuinya didalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Armada RI sebagai sebagai salah satu Kotama Operasional TNI. Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada yang saat ini sudah ada yakni Koarmada I di Jakarta, Koarmada II di Surabaya, dan Koarmada III di Sorong. Diharapkan dengan terbentuknya Komando Armada RI, maka respon cepat terhadap segala bentuk ancaman dapat diantisipasi dengan baik,” ungkap Kasal.

Baca Juga  Upacara Bendera 17 - an, Pangkoarmada I Berikan Arahan kepada Prajurit, PNS Mako Lantamal III

Untuk memeriahkan Hari Armada RI Tahun 2019 berbagai lomba dan kegiatan telah dilaksanakan baik di lingkungan Koarmada I maupun Lantamal dan Lanal Jajaran Koarmada I.

Koarmada I telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Donor Darah, Bakti Sosial Kesehatan berupa Pengobatan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pembagian Kaca Mata Baca, Penyerahan Kursi Roda kepada penyandang disabilitas, dan pembagian 1000 paket sembako di Masjid Al Fawas Jakarta Pusat. Selain itu, juga dilaksanakan lomba ketangkasan dan kebaharian di Kompleks Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara yakni Lomba Lari Estafet 4 x 300 meter, Lomba Renang Militer 4 x 25 meter, Lomba Dayung, Lomba Tali Temali, dan Lomba Lempar Tali Buangan.

Untuk jajaran Lantamal Koarmada I, kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Lantamal I Belawan melaksanakan kegiatan pengecatan 591 unit rumah di Kampung Nelayan Seberang Belawan, Pernikahan Massal, Pengobatan Massal, Bhakti Sosial, Lomba Taman, Lomba Mancing, dan Lomba melukis dinding nuansa bahari. Lantamal III Jakarta menggelar acara gowes bersama di Ancol Jakarta Utara. Lantamal IV Tanjung Pinang menggelar kegiatan Fun Bike, Lomba Renang Militer, Lomba Tarik Tambang, Lomba Bola Volley, dan Lomba Menembak.

Jajaran Lanal juga turut berpartisipasi dengan menggelar beberapa kegiatan diantaranya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep menggelar Lomba Sampan Layar Tradisional di Desa Kuala Raya Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menggelar Gowes (Fun Bike) bersama masyarakat di Mako Lanal Bengkulu Jalan R.E. Martadinata No. 10 Kelurahan Kandang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar Jalan Adam Malik Kelurahan Padar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah di Gedung Wijaya Kusuma Mako Lanal Dumai. Lanal Nias menggelar Lomba Peraturan Baris Berbaris Tingkat SMA/SMK.

Baca Juga  Satrol Lantamal III Jakarta, Latihan Pemantapan F1QR di Pondok Dayung

Sementara itu, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Fera Muhammad Ali beserta segenap pengurus juga telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial kepada Ketua Daerah Jalasenastri Armada l dari masa ke masa sebagai wujud jalinan tali silaturahmi dan rasa hormat dari adik kepada kakaknya yang telah memberikan arahan dan bimbingan demi kemajuan organisasi Jalasenastri khususnya Jalasenastri Armada l.

Kegiatan sosial ini juga ditujukan kepada para putra dan putri prajurit Koarmada l yang berkebutuhan khusus atau memiliki kekurangan secara fisik maupun psikis dibeberapa wilayah diantaranya Jonggol, Bekasi, Cipayung dan Sunter. Tujuan kunjungan diharapkan dapat memberikan semangat kepada orang tuanya untuk lebih telaten dalam merawat putra-putrinya yang memiliki kekurangan secara fisik sekaligus memberikan tali asih yang diharapkan dapat membantu meringankan dalam memberikan perawatan kepada putra dan putrinya.

Pada kesempatan yang berbeda, ibu-ibu istri prajurit TNI Angkatan Laut ini juga tergerak hatinya untuk menyumbangkan darahnya melalui kegiatan donor darah yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Armada tahun 2019.

“Dari berbagai kegiatan tersebut membuktikan bahwa Jalasenastri Armada l memiliki rasa kepedulian yang tinggi dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial yang merupakan program organisasi Jalasenastri,” ungkap Ny. Fera disela-sela kesibukanya sebagai Ketua Daerah Jalasenastri Armada l.(Pen)